5+ Media Sosial Terpopuler di Indonesia untuk Meningkatkan Trafik Blog

Media Sosial Terpopuler di Indonesia
Media Sosial Paling Populer di Indonesia

Media sosial terpopuler di Indonesia memang sangat banyak, namun dari sekian jumlahnya hanya beberapa yang secara simultan digunakan oleh para blogger untuk meningkatkan trafik blog mereka. Selain daripada itu, faktanya membicarakan media sosial terpopuler di Indonesia memang menjadi salah satu trending topik yang sangat menarik untuk dibahas. 

Hal itu dikarenakan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara pengguna media sosial terbanyak di seantero jagat. Bisa dibilang, heterogen masyarakatnya saat ini sudah ‘ketagihan’ dengan keberadaan sosial media.

Fakta lain yang tidak bisa dipungkiri, bahwa penggunaan media sosial di Indonesia sudah sangat intens sekali, bisa dikatakan sangat "masive". Tidak hanya digunakan untuk kegiatan kominikasi verbal, media sosial ternyata sangat banyak digunakan untuk hal lainnya.

Salah satu contoh positifnya yang sering kali dimanfaatkan pra blogger adalah untuk media marketing, misalnya; promosi konten blog, promosi bisnis, berjualan online, berpolitik, berdakwah, dan lain sebagainya.

Media Sosial Terpopuler untuk Keperluan Trafik Blog di Indonesia

Berikut ini adalah beberapa situs media sosial terpopuler di Indonesia yang sangat banyak digunakan:

Media Sosial Facebook (Facebook.com)

Facebook merupakan media sosial yang mempunyai pengguna terpopuler di dunia. Diperkirakan, jumlah pengunannya di seluruh dunia pada kisaran lebih dari 2 miliar. Hal itu tak luput dari sering majunya beberapa fitur yang tiap tahun mengalami penyempurnaan dan perbaikan. Dengan berbagai inovasi yang selalu memanjakan penggunanya, tidak heran Facebook menjadi salah satu media sosial terpopuler di Indonesia saat ini.

Saat ini (2017) Indonesia menjadi salah satu negara dengan pengguna Facebook terbanyak di dunia dengan jumlah user mencapai 110 juta akun. Besarnya jumlah pengguna Facebook tersebut membuat banyak pebisnis dan pedagang online yang mengiklankan bisnis mereka di Facebook.

Berdasarkan data pengguna Facebook di Indonesia via Hootsuite, Indonesia menempati urutan ke empat di seluruh dunia, yakni pada jumlah 111 juta dengan prosentase 6% di atas Mexico yang hanya 4 %.

Sosial Media Instagram (Instagram.com)

Siapa sih yang tidak tahu instagram? Bisa dipastikan kaum hawa, kaum muda, lelali dari usia muda sampai tua tahu dengan yang namanya instagram. Bahkan, anak-anak usia sekolah menengah pertama saja sudah familiar dengan media sosial yang satu ini.

Seperti halnya facebook, di tahun 2017, diperkirakan jumlah pengguna Instagram di Indonesia sudah mencapai 45 juta orang lebih. Denger-denger Indonesia menjadi negara dengan pengguna Instagram terbanyak se-Asia pasifik, luar biasa. Wow, dahsyat.

Situs sosial media berbasis image (gambar) dan video singkat ini juga merupakan tempat beriklan yang sangat efektif bagi para pedagang online. Selain itu, content creator, artis, dan pekerja seni lainnya sangat aktif menggunakan media sosial ini.

Maka tak ayal media "selfir" paling keren ini merupakan salah satu media sosial terpopuler di kalangan para blogger juga. Selain bisa "nyebar" foto pribadi, bisa juga buat meroketkan produk/ jasa yang Sobat tawarkan kepada orang lain, keren kan.

Artikel lain: Cara Tepat Mempromosikan Blog di Facebook Agar Trafik Tinggi

Media Sosial YouTube (YouTube.com)
Secara penilaian psikologi umum, bagi saya youtube tidak sekedar situs hiburan semata, namun juga bisa untuk berinteraksi dengan kolega, keluarga atau siapapun dan kapanpu. Walau memang secara "konten" hanya berupa video saja.

Nah, dari anggapan itu, muncul beberapa pendapat bahwa youtube menurut sebagian orang bukanlah situs media sosial, tapi lebih kepada hiburan. Salah satu fakta ketidak tepatan pendapat itu adalah, bahwa YouTube adalah sebuah media sosial berbasis video dimana para penggunanya bisa berbagi video mereka dan saling memberikan komentar.

Berdasarkan data, bahwa pengguna YouTube di Indonesia saat ini sudah mencapai 50 juta orang. Dan media sosial ini menjadi platform media sosial yang paling aktif digunakan di Indonesia saat ini.

Salah satu manfaat dari keberadaan YouTube adalah untuk marketing atau media promosi berbasis PPC (pay per click), yang lebih dikenal sebagai program Google Adsense. Dan YouTube telah menjadi ladang uang bagi banyak YouTuber di Indonesia dan dunia seperti Casey Neistat yang kaya raya gara-gara Youtube.

Baca juga: 5 Rahasia Sukses Mendapatkan Jutaan Dolar Casey Neistat dari Youtube

Sosial Media Twitter (Twitter.com)

Twitter merupakan sebuah situs dengan platform penyedia penampil kata-kata pendek, dengan jumlah karakter yang telah ditentukan. Dahulu, twitter disebut sebagai situs microblogging yang paling sukses. Penggunaan yang sangat mudah dan sederhana membuat situs media sosial ini menjadi pilihan terbaik pada masa kejayaannya.
Data mencengangkan lagi, ternyata Indonesia adalah salah satu negara dengan pengguna Twitter terbanyak di dunia. Pada tahun 2016 silam, jumlah tweet hanya di Indonesia saja mencapai 4,1 miliar tweet.
Saat ini Twitter telah mendapat persaingan ketat dari situs media sosial lainnya yang menawarkan fitur yang berbeda. Namun, Twitter tetap memilih keunikan sendiri yang tidak bisa diimbangi oleh situs media sosial lainnya, yaitu kecepatan dalam berita, fitur hashtag, Trending, dan lainnya.

Media Sosial Path (Path.com)
Path adalah aplikasi sosial media sosial pada smartphone yang memungkinkan kita untuk berbagi gambar dan juga pesan, layaknya instagram. Path memang terlalu populer jika dibandingkan dengan Facebook, Twitter, dan Instagram. Namun, tetap saja aplikasi smartphone yang satu ini juga termasuk salah satu media sosial terkenal.

Penggunaan Path berbeda dari jejaring sosial lainnya yang mana hanya pengguna yang telah disetujui yang dapat mengakses halaman Path seseorang, laiknya keanggotaan BBM. Status privasi dari aplikasi ini menjadikan Path lebih eksklusif dari berbagai jejaring sosial yang ada. Path dapat digunakan di iPhone, iPad, iPod Touch, dan Android versi apapun. Aplikasi ini tersebar melalui App store dan Google Play.

Salah satu keunikan media sosial Path dibanding yang lain adalah tidak adanya iklan di sana, setidaknya sampai saat ini. Selain itu, privacy para pengguna Path jauh lebih tertutup ketimbang media sosial lainnya. Hanya orang yang saling berteman di Path lah yang bisa melihat profil masing-masing.

Hingga saat ini, jumlah pengguna Path di Indonesia sudah mencapai 5 juta orang lebih. Path bisa digunakan melalui aplikasi mobil dan juga via desktop, namun pengguna media sosial ini lebih banyak memakai smartphone.

Media Sosial Google Plus (Plus.Google.com)

Google plus merupakan salah satu fitur yang disematkan dan diberikan kepada pengguna akun Google (gmail). Jadi apabila Sobat mempunyai akun gmail, secara otomatis bisa menikmati layanan media sosial yang satu ini.

Secara umum, penggunaan Google plus masih belum kentara seperti halnya facebook, twitter maupun instagram, bisa jadi karena memang "belum" faham, atau memang kurang begitu familier secara interface nya.

Padahal, jika dihitung-hitung secara data fakta, jumlah pengguna email Google sudah mencapai 2 miliar lebih saat ini dan menjadi media untuk promosi Google plus. Namun lagi-lagi sayanyanya, hal tersebut tidak terjadi karena memang tidak semua pengguna Gmail menjadi pengguna Google Plus.

Jika saja pengguna gmail pada sadar akan potensi tersebut, bukan tidak mungkin kalau Google plus, bisa menjadi "raja" media sosial mengalahkan Facebook dan media sosial lainnya.

Baca juga: 6 Vlogger Terkenal Berpenghasilan Tertinggi di Indonesia dan Dunia

Punya rekomendasi media sosial yang menurut Anda populer?

Silakan saja bagi Sobat jika merasa mempunyai pandangan media sosial yang dirasa juga terkenal, populer di kalangan masyarakat semua.

Namun satu hal yang pasti, baik Sobat sebagai seorang blogger, atau orang umum yang "fun" menggunakan media sosial, hendaknya gunakan media sosial terpopuler di atas sesuai dengan kegunaan. Dengan begitu, nilai kemanfa'atan yang ada akan bisa bermanfaat bagi Sobat semua, salam.

0 Response to "5+ Media Sosial Terpopuler di Indonesia untuk Meningkatkan Trafik Blog"

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hosting Unlimited Indonesia