Penjelasan SEO On Page dan Off Page (Lengkap) 2018

Perbedaan SEO On Page dan Off Page - Sebenarnya perbedaan utama dari SEO onpage dengan off page itu apa sih? Atau jangan-jangan Sobat baru saja mendengar kedua istilah tersebut?Untuk memperdalam ilmu SEO tersebut, mari simak sampai akhir tulisan ini.

Saat ini, perkembangan dunia blogging khususnya internet marketer sudah tidak diragukan lagi, begitu pesat. Bahkan untuk sekaran ini, bisa dikatakan hampir semua lini bisnis sangat memerlukan tekhnologi informasi melalui internet. 

Anda bisa membandingkan hasil penjualan produk secara konvensional dengan menggunakan media online seperti saat sekarang ini!

Aspek ini mengharuskan semua pemain internet marketing mengenal SEO (Search Engine Optimization). Istilah ini adalah suatu upaya tertentu yang dilakukan buat meningkatkan mutu Situs, menjadikannya berada kepada halaman terdepan dalam mesin pencarian seperti Google, Yahoo, Bing dll. 

Perlu Sobat fahami, bahwa pada dasarnya komponen dasar dari SEO ini yakni ada dua type, yaitu teknik optimasi SEO On Page dan SEO Off Page. Keduanya secara bahasa jelas berbeda, namun memiliki maksud dan tujuan yang sama yakni menjadikan suatu website berada pada halaman pertama Google.

Perbedaan dan Manfaat SEO On Page dan SEO Off Page pada Website

Penjelasan SEO On Page dan Off Page (Lengkap)
Komponen SEO sebuah website/ blog
Pernahkah kamu mendengar apa perbedaan SEO On Page dan Off Page? Search Engine Optimization atau lebih akarab dikenal SEO adalah sebuah teknik, cara atau proses yang dilakukan seseorang guna membuat sebuah website/blog bisa berada di halaman pertama mesin pencari (Google, Yahoo, Bing, Yandex dll).

Dengan SEO, sebuah situs web bisa muncul di peringkat paling atas mesin pencari. Namun, supaya bisa muncul di peringkat paling atas, keyword yang digunakan pun harus tepat supaya audiensnya juga sesuai target. Penerapan SEO ini pun tidak semudah kelihatannya. Bahkan bila ditilik lebih jauh, proses SEO bisa dilakukan dengan dua cara yaitu On Page dan Off Page. Apa perbedaan SEO On Page dan Off Page? Simak di bawah ini, yuk!
SEO On Page

SEO On Page adalah proses SEO yang dilakukan hanya di bagian internal situs web kamu saja. Jadi, dalam prosesOn Page ini, kamu benar-benar memaksimalkan proses SEO hanya di bagian dalam situs web saja tanpa melibatkan pihak luar. SEO On Page menjadi salah satu faktor terbesar untuk penentuan ranking situs web kamu. Jika SEO Off Page kamu bagus tetapi tidak didukung oleh On Page yang baik pula, maka semua usaha akan sia-sia.

Secara mendasar, komponen utama dari SEO On Page ada 4 hal, yakni:
  1. Bermanfaat tinggi bagi pengunjung (kualitas konten, baik artikel maupun model konten blog lainnya seperti video, image dll)
  2. Memudahkan pengunjung dalam melakukan eksplorasi (dalam hal desain)
  3. Pengunjung merasa betah di dalamnya (dari kedua sisi baik desain dan kualitas konten)
  4. Mesin pencari mengerti struktur blog anda
Keempat komponen utama di atas menjadi pilar pokok yang akan menjadikan website, situs atau blog Anda semakin berkembang.

Sedangkan secara struktural, banyak yang mengatakan bahwa SEO On Page sendiri terdiri dari beberapa komponen pendukungnya, yakni:
  • Title Tags/Meta Tags
  • Heading (H1), (H2), (H3), dst
  • Struktur URL
  • Alt Text Gambar
  • Kecepatan Loading Page
  • Konten Situs Web
  • Internal Link
  • Kata kunci yang dibidik
  • and more...
Metode di atas tentu saja dapat membantu secara berkelanjutan guna meningkatkan kualitas sebuah website/ blog secara konsisten. Hal ini karena juga berkaitan dengan keberadaan berbagai algortima Google seperti Panda, Panthom, Core, Freed, Google Hawk dan lain sebagainya, yang semakin hari juga semakin di update; dan impact nya begitu terasa bagi website yang "sama sekali" tidak mengandalkan optimasi SEO.
Pasang Meta Tags, Heading (H1), (H2), (H3)

Ada banyak jenis meta tag yang sering digunakan. Antara lain meta description. Penggunaan meta description yang tepat dapat menambah kekuatan SEO blog di search engine. Meta description berfungsi memuat informasi yang mendeskripsikan halaman blog anda. Meta description muncul pada snippet deskripsi di hasil pencarian google. Selain meta description, ada pula meta keyword, meta author, dll.

Pasang keyword pada title/judul blog

Judul adalah tempat yang sangat tepat untuk memasang keyword. Title/judul blog menggambarkan keseluruhan dari isi blog anda. Nah sebagian kunjungan yang terjadi datang dari pembaca yang tertarik akan judul blog yang anda pasang. Oleh karena itu maksimalkan penggunaan keyword yang ditargetkan pada title/judul blog.

Letakan judul postingan di depan judul blog. 

Coba anda lihat tab browser anda di atas. Apakah judul postingan sudah berada didepan, kemudian disusul dengan nama blog anda? Begitu pula tampilan dalam query search engine. Biasanya, pada template yang belum di isi hack, nama blog berada didepan judul postingan. 

Pada hasil pencarian search engine hal ini dapat berakibat kurang baik, karena dapat memotong judul postingan dibagian belakang. Pengunjung pun jadi tidak bisa membaca judul postingan anda secara keseluruhan, terlebih jika judul postingannya panjang.


Design template blog dapat memiliki keunggulan dan kelemahan. Misalnya, ada template yang tampilannya menarik dan indah, namun dari segi SEO bisa saja lemah. Ataupun sebaliknya. Oleh karena itu sebaiknya pilih template blog yang SEO friendly. Saat ini ada banyak template blog gratisan dengan tampilan premium namun telah disisipi hack SEO sehingga menjadi SEO friendly.

Maksimalkan keyword 

Saat ini memaksimalkan kata kunci yang terlalu banyak di dalam postingan artikel sudah tidak begitu bagus untuk SEO Onpage. Hal itu dikarenakan malah dapat dianggap sebagai tindakan spam oleh Google. Yang perlu anda lakukan adalah dengan mengatur letak posisi keyword serta memilih keyword dan frase yang tepat, dengan mendahuluinya dengan melakukan riset keyword.

Keyword yang sudah ada dan sesuai dengan tema bblog kita nantinya bisa diletakkan pada bagian-bagian yang sudah saya katakan di atas. Semua kata kunci harus disisipkan se optimal mungkin sehingga tidak terkesan dipaksakan. 

Hal itu karena Google akan melakukan crawling dan indexing terhadap setiap informasi di dalam blog kita untuk menentukan peringkat yang didasarkan salah satunya pada penggunaan keyword pada sebuah halaman situs web.

Mempercepat Loading Blog kita

Jika waktu loading blog anda cepat, bukan hanya pengunjung anda saja yang senang, tapi spider crawl google juga senang. Pengunjung senang karena mereka tidak perlu berlama-lama untuk segera membaca artikel-artikel anda, apalagi bagi yang koneksinya lemot. 

Sedang google spider juga senang, karena saat crawling waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan informasi menjadi lebih cepat. Efeknya artikel anda jadi lebih cepat terindex. Hindari penggunaan javascript (biasanya pada widget) dan pemasangan gambar-gambar secara berlebihan agar waktu loading blog anda dapat menjadi lebih cepat.

Salahs satu rekomendasi template yang bisa Sobat gunakan adalah SL Fastest SEO. Selain memiliki kecepatan yang konstan, SL Fastest SEO juga tergolong template yang ramah mesin pencari apapun, sehingga bisa mendongkrak kinerja dan meningkatkan peringkat blog Anda.

SEO Off Page

Optimisasi SEO Off Page adalah optimisasi SEO sebuah website yang dilakukan dari luar situs (eksternal site componen). 

Proses SEO yang satu ini dilakukan benar-benar di luar bagian situs web atau eksternal. Bagi saya, komponen utama SEO Off page ada tiga hal, yaitu:
  1. Membangun Backlink
  2. Optimasi kualitas artikel
  3. Media marketing secara tepat (opsional)
Backlink adalah link yang mengarah pada situs web kita dari situs lain. Maka istilah lain dari backlink ini adalah inbound link. Dengan kata lain, backlink adalah tautan link yang dapat meningkatkan posisi SERP di Google. Jumlah backlink yang dimiliki situs adalah nilai popularitas situs tersebut.
Backlinks dibedakan menjadi dua, yaitu DoFollow Backlinks and NoFollow Backlinks. Kedua jenis backlinks ini diperkenalkan oleh Matt Cuts dan Jason Shellen pada tahun 2005 untuk membantu web master dalam membangun web SEO yang lebih baik.
Dengan adanya backlink ini, diharapkan pengguna dari berbagai situs web lain bisa mampir ke situs web kita. Walaupun ada juga yang mengatakan, bahwa proporsi keberadaan backlink, saat ini sudah tidak begitu berperan penting dalam sebuah website.

Kembali pada awal penjelasan. pembuatan backlink dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun, tetapi sebaiknya memakai backlink yang aman, menyusunnya cocok dengan aturan tertentu untuk menghindari situs web anda dianggap spam, dengan konsekuensi yang bisa jadi berakibat fatal.

Baca juga: 7 Ciri Backlink Berkualitas dan Terbaik untuk SEO Blog

Tidak Hanya meningkatkan kualitas sebuah blog/ website, optimasi SEO Off Page juga dapat menjadi salah satu cara meningkatkan visitor organik blog kita. Teknik ini terbilang primitif untuk dilakukan dengan cara manual, tetapi lebih baik dilakukan dengan backlink bermutu terhadap situs-situs yang sudah mempunyai reputasi baik di mata Google. Makin baik mutu backlink maka semakin baik pula dampaknya.

Ada beberapa media yang bisa digunakan untuk melakukan SEO Off Page:
  • Akun Sosial Media
  • Forum
  • Situs Social Bookmarking
  • E-mail Marketing
  • Blogwalking (meninggalkan link situs web di kolom-kolom komentar)
  • Penulisan Artikel
SEO Off Page pada dasarnya adalah proses membagi atau menyebarkan informasi lebih banyak pada audiens yang lebih luas mengenai situs web kita. Biasanya proses ini dilakukan secara manual.

Kesimpulan

Manakah yang lebih penting antara SEO On Page dengan Off Page?

Menurut saya, keduanya memiliki peran yang sangat penting. Baik SEO On Page dan Off Page sama-sama harus dijalankan secara proporsional. Seperti yang sudah disebut di atas, bila SEO Off Page berjalan dengan lancar tetapi tidak dengan SEO On Page, maka semua tidak akan berjalan secara optimal.

Begitu juga sebaliknya. Sebagai langkah awal, buat dulu situs web kamu berkualitas dan user-friendly. Setelah itu, barulah lakukan proses optimasi Off Page untuk menarik lebih banyak pengunjung.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai penjelasan manfaat SEO On Page dan SEO Off Page. Semoga artikel ini bisa menambah pemahaman ilmu blogging kita. Semoga bermanfaat, good luck and happy blogging.

0 Response to "Penjelasan SEO On Page dan Off Page (Lengkap) 2018"

Posting Komentar

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di Forum Blogger Indonesia ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel