10 Cara Membuat Artikel SEO 2018 Agar Rangking 1 Google

4 Cara Membuat Artikel SEO 2018 Agar Rangking 1 Google
Cara Membuat Artikel SEO 2018 Agar Mudah Diindeks dan Rangking 1 Google
MUNCUL di rangking 1 halaman pertama Google menjadi harapan setiap blogger, kapanpun dan di manapun, termasuk di penghujung tahun 2017 akhir ini.

Hal itu dikarenakan, dengan menempati rangking 1 halaman pertama Google, kita akan mendapatkan pengunjung organik. Ya, pengunjung organik, yang tentnya akan menentukan tingkat kredibilitas blog Anda di mata SERP selanjutnya.

Namun juga berlaku sebaliknya, apabila konten blog Anda tidak muncul di halaman depan Google, misalkan halan 2, 3, 4 dst, sangat kecil kemungkinan prosentase blog Anda akan bisa memperoleh banyak visitor.

Oleh karena itulah, dalam kesempatan ini akan saya coba paparkan beberapa tips terbaru dan terhangat saat ini cara menulis Konten Berkualitas sesuai dengan trending topik SEO blogging 2018 agar mendapatkan peringkat atas di Google dan mesin pencari lainnya, yang saya sadur dari Daily Blog Tips.

Cara Menulis Artikel Blog SEO Friendly 2018 disukai Google

Di bawah ini adalah beberapa tips bagaimana menulis artikel blog yang baik agar mudah terindeks Google sehingga bisa berada di halaman satu Google, sekaligus bisa meningkatkan jumlah trafik pengunjung.

1. Gunakan Kata Kunci Panjang/beragam (Use Long Tail Keywords)

Aapa yang dimaksud long tail keyword?

Long tail keyword adalah sebuah kata kunci hasil dari riset kyword, dengan komposisi beragam dan tidak hanya memuat kata kunci utama saja, namun juga kata kunci turunannya.

Bagi Anda yang sudah mempunyai beberapa pengalaman dengan riset keyword dan mempelajari optimasi SEO dasar pada blog/website, saya kira Anda tidak akan mengalami kesulitan dengan tips pertama ini.

Biasanya, longtail keyword bisa terdiri dari dua-tiga kata (long-tail keywords).

2. Include Links to Influencers (Sertakan Link ke Influencer)

Menyertakan link dengan tingkat krediilita tinggi sebagai bahan rujuakan konten artikel yang Anda buat bisa membantu tingkat kualitas konten blog Anda. Hal ini juga sudah banyak disampaikan oleh pakar SEO kenamaan dunia, seperti Neil Pattel.

Dengan membangun branding yang kuat dari kualitas konten Anda, bisa dipastikan banyaknya visitor organik tadi akan menarik visitor lainnya, karena menganggap apa yang Anda sampaikan memang benar-benar bisa dipercaya.

Link eksternal tidak hanya memberi audiens Anda lebih banyak materi untuk dibaca, namun juga menunjukkan bahwa ada beberapa penelitian aktual yang terlibat. Tidak ada yang membangun kredibilitas seperti sumber terpercaya.

3. Use Internal Links (Gunakan Tautan Internal)

INternal link memiliki peranan memudahkan Googlebot merayai artikel blog kita, sehingga proses indexing dan rangking menjadi tujuan akhirnya. Tautan internal memfasilitasi proses perayapan dan memungkinkan Google bots untuk membuat peta situs. Ini akan membantu peringkat posting blog Anda. Tidah hanya itu, keberadaan internal link juga akan memberikan value tersendiri bagi pengunjung blog kita.



Baca juga: Cara Membuat Link - Hyperlink Berkualitas pada Blog atau Wesbite

4. Try to Go for Longer, Scannable Posts (Tulis posting yang lebih panjang dan memudahkan pemindaian mesin pencari)

Sudah berulang kali saya jelaskan, bahwa konten artikel yang panjang menjadi titik balik yang penting bagi kemajuan blog Anda, dari tahun sebelumnya, sampai tahun init tentunya.

Selain daripada itu, perlu dimengeti pula, tidak hanya tulisan panjang menjadi teknik SEO terkini, namun syarat utamanya jelas isi informasi di dalamnya. Jangan sampai tulisan artikelnya panjang, minimal 800 karakter, namun isinya tidak memuat kelengkapan esensi judul, tidak detail, dan lebih parahnya malah melakukan over penempatan kata kunci yang tak jelas.

Nah, harapannya, tulisan yang panjang tadi bersifat "scrannable", mudah untuk dirayapi Googlebots. Percuma pula tulisannya panjang, namun malah membingungkan robot mesin pencari untuk dilakukan crawling dan indexing, yang pada akhirnya malah tidak bisa diindex Google.

Lalu ciri-ciri konten artikel yang scrannable itu seperti apa?

Berdasarkan informasi dari hasil studi NN Group, ciri-ciri konten artikel yang mudah dipindai (Scannable Text) Posting adalah sebagai berikut:
  • Gunakan Rata Kiri (Align Left).
  • Gunakan Alinea Pendek. Satu paragraf maksimal lima baris.
  • Gunakan Jarak Antar-Alinea.
  • Gunakan Highlights, seperti Subjudul, List, Quoted.
Selain 4 cara di atas, ada cara tambahannya pula dan ini juga sangat penting, diantaranya:
  1. Pilih judul yang memikat pembaca, namun relevan dengan isi artikel
  2. Jangan lupa lakukan riset keyword (riset kata kunci) terlebih dahulu, sebelum menentukan judul dan menulis artikelnya
  3. Silakan mulai menulis secara seksama, namun buatlah artikel Anda natural sesuai dengan kapabilitas yang Anda miliki dengan selalu berpedoman pada tutur kata yang sopan dan tidak mendeskreditkan pihak lain
  4. Gunakan "tag heading" dalam penulisan artikel Anda (H1, H2, H3 dst) secara proporsional
  5. Sertakan meta deskripsi dalam setiap artikel yang Anda buat, da usahakan berisi kata kunci yang telah ditentukan
  6. Optimasikan penyertaan media secara proporsional (gambar, video dll) dengan berpedoman pada kepuasan pengunjung. Jangan sampai hanya berpandangan keberadaan gambar yang kecil, bisa meningkatkan kecepatan loading blog, namun kenyataannya kualitas gambar yang Anda sertakan malah tidak mendukung artikel Anda; dan itu sangat disayangkan
    Setidaknya, itulah 4 Cara Membuat Artikel SEO 2018 Agar Rangking 1 Google. Sebagai penutup, berikut ini adalah cuplikan atas apa yang disampaikan oleh dayilyblogtips:

    "Writing blog posts that rank well is truly a science. Understanding how search engines work and what they like can seem like a challenge, but is perfectly doable once you know what you’re doing. If you follow the tips outlined in this article, you shouldn’t have issues ranking your blog posts in the future."

    Adakah cara lain?

    Nih SL Blogger kasih resume beberapa keterangan fokus optimasi yang perlu Anda perbaiki agar blog Anda petingkat satu Google, dari pakar SEO lainnya:

    1. Page Titles and description
    2. Permanent link structure
    3. Breadcrumb
    4. Internal links
    5. Text formatting and the use of H1, H2 and H3
    6. The 404 Page
    7. Image Optimization
    8. Page Speed
    9. Mobile friendly web sites
    10. User Sitemap
    11. Content is still king
    12. Fresh Content

    Semoga bermanfaat, good luck and happy new year 2018.

    2 Responses to "10 Cara Membuat Artikel SEO 2018 Agar Rangking 1 Google"

    1. saya sudah menerapkan semuanya sebelumnya yah karena saya pikir blog saya masih baru dan update cuma sebulan 2 kali maka seonya ga akan terlalu kuat di google.

      tapi saya tetap konsisten nulis diatas 1000 kata, sejauh ini jumlah post hanya 7, tapi sudah ada 2 artikel yang muncul di page 1 google.

      caranya seperti yang sudah dijelaskan, gunakan long tail keyword dan buatlah tulisan yang panjang..

      oh ya diatas ada disebutkan minimal artikel berjumlah 800 karakter, mungkin maksudnya 800 kata kah? karena kalau karakter kan sedikit sekali itu.

      1 hal lagi, ternyata cukup rata kiri untuk memduahkan screening ya, saya selalu menerapkan justify di artikel saya semata2 untuk estetika agar enak dibaca, mungkin saya harus akali rata kiri nih... agar lebih mantap seo nya

      thanks tips nya

      ReplyDelete
    2. Tuh kan, bisa merasakan sendiri manfaatnya... Iya mas, 800 kata..

      So, semoga bermanfaat, salam

      ReplyDelete

    Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel

    Hosting Unlimited Indonesia