9 Cara Membuat Blog Terkenal di SERP guna Peringkat 1 Google 2018

9 Cara Membuat Blog Terkenal di SERP guna Peringkat 1 Google 2018
Membuat blog terkenal di SERP Google 2018 tentunya ada sedikit perbedaan dengan trending topik SEO di tahun 2017 ini. Jika saya jelaskan secara rinci, kemungkinan penjabarannya sedikit sulit, telebih bagi orang yang antipati dengan SEO, lalu bagaimana saya akan menjelaskan kepadanya?

Untuk itulah, mempelajari cara membuat blog terbaik di mata SERP memerlukan sedikit ketekukan dan kecermatan. Edisi "kaleidoskop"  pada hari penghujung tahun 2017 ini mencakup daftar sembilan poin dari item utama yang harus Anda lewati untuk dihitung pada tahun baru - dan mungkin juga mendapat beberapa petunjuk tentang bagaimana menjelaskannya kepada orang lain juga.

Lalu bagaimana sebenarnya konsep SEO yang harus kita jalankan di tahun 2018 ini agar blog kita bisa terkenal di SERP Google dan memicu rangking tinggi? Berikut penjelasnnya.

9 Cara Rangking Tinggi di SERP Google - Trending Topik SEO 2018

1. URL yang mudah diakses dan mudah diakses (kontennya dapat dijelajahi dan diurai dengan mudah oleh Google)

Maksudnya, kita harus membuat pola SEO onpage dan Offpage secara efisien. Tentu saja hal itu bertujuan agar robot perayapan Googlebot dapat masuk ke halaman blog/website secara keseluruhan, dengan harapan Googlebot mampu memahami konten yang ada di sana dalam format yang mudah dibaca (crawling), untuk memahami gambar dan visual atau video atau sematan atau hal lain.


Tidak hanya crwaling, namun indexing menjadi target dasar yang dilakukan Google,

Dan apa yang saya katakan di atas, sebenarnya adalah metode perangkingan paling dasar yang dilakukan Google. Apa jadinya jika blog yang kita kelola, secara umum dari konteks laman yang ada sulit dicrawling dan indexing oleh Google? Ya tidak mungkin bisa rangking tinggi Google jika kenyataannya blog kita jelek untuk di spider Googlebot.

2. Melakukan riset keyword (riset kata kunci secara optimal)

Dalam bahasa sederhananya, kita perlu mengetahui dan mengungkap kata-kata dan ungkapan yang sebenarnya digunakan oleh Googlebot untuk memecahkan atau mendapatkan jawaban atas masalah yang mereka hadapi. Masalah apa sih mas?

Ceritanya, secara keseluruhan, Googlebot akan menelusuri blog/website kita dengan berbagai komponen di dalamnya; ada laman konten, header, sidebar semuanya deh. Tentu kita akan mengaharapkan semuanya dibaca dan dirangking Google sesuai dengan "harapan" kita, berdasarkan target "kata kunci" yang kita inginkan.

Nah, agar mereka (Googlebot.red) bisa menafsirkan keinginan kita dengan baik, berarti kita harus memperjelas maksud kita.


Kita berupaya sebaik mungkin memberikan jawaban atas masalah Googlebot tentang langkah Crawling dan indexing yang dilakukan spider Google. Sebisa mungkin kita jelaskan kepada mereka tentang fokus utama pada laman konten secara khusus, umumnya proporsi blog kita secara keseluruhan. Fokus di sini adalah target kata kunci utama dan turunannya. 

Lalu bagaima cara mempertegas maksud dan tujuan kita terhadap target kata kunci umata dan turunannya (short tail dan longtail keyword)? Ya tentu saja silakan lakukan riset keyword secara optimal. 

Hal ini pula sebenarnya yang seperti saya jelaskan pada pembehasan kemarin mengenai cara meningkatkan CTR blog kita di SERP.

Baca juga: 7 tools riset keyword terbaik 2017

3. Selidiki SERP untuk menemukan apa yang menurut Google relevan dengan pencarian kata kunci

Saya ingin Anda melakukan penyelidikan SERP, yang berarti melakukan analisis kueri penelusuran di Google, seberapa besar "impact" yang sudah Anda peroleh atas optimasi SERP sebelumnya, dan kemudian mencari tahu sisi kekurangan dan kelemahan atas apa yang Anda lakukan sebelumnya, guna menunjang pelaksanaan point kedua di atas.


Secara umum, dalam melakukan peringkat sebuah blog oleh Google, mereka akan secara kontinyu menelaah sejauh mana tingkat relevansi konten yang kita sajikan dengan apa yang dicari oleh kebanyakan konsumen. Kita berupaya menjadi konsumen yang baik dengan memberikan kepuasan pengunjung blog kita, tidak hanya sekedar membuat judul artikel boombastis, namun isinya jauh dari harapan visitor.

Nah, bisa menelaah, mengambil kesimpulan dan melakukan perbaikan dari sisi relevansi konten yang kita sajikan kepada pengunjung itulah titik pentingnya. Sejauh kita bisa memberikan kepuasan pengunjung, maka Google juga akan memberikan posisi rating tinggi di SERP.

4. Buatlah konten yang berkualitas (Authority Conten)

Sekali lagi saya katakan, point keempat ini tidak lekang oleh zaman. Dilihat dari tujuan pembuatan blog sendiri, pasti sisi utamanya pada konten yang kita sajikan. Hal ini pula sebenarnya faktor penting terbentuknya blog terbaik, terkenal di mata Google.

Istilah kerennya adalah membuat Authority Conten. 

Konten adalah raja, dan raja akan menjadi branding bagi warganya. Setidaknya semboyan membuat branding blog kita di mata SERP itu sangat penting.

Nah, seperti apa yang disampaikan MOZ, bahwa dalam proses pembuatan konten itulah, setidaknya perlu memperhatikan beberapa konsep, seperti:
  • Sisi kemanfaatan
  • Pola penulisan
  • Mudah difahami
  • Memuat konteks masalah dan adanya solusi di dalamnya
  • etc
 Baca juga: 7+ Cara Jitu Agar Konten Artikel Blog Anda di Halaman Pertama Google 
5. Buat judul konten yang SEO dengan menyertakan optimasi meta descriptions

Masak ada istilah SEO content mas?

Ya jelas ada. Silakan baca secara mendalam poni pertama hingga ke lima ini; dan ternyata konten SEO memuat peranan yang teramat penting.

Lalu sebenarnya konten yang seperti apa; yang masuk kategori konten SEO?

Setidaknya sampai saat ini, Google masih menggunakan "meta description"dalam merayapi konten kita. Berdasarkan informasi yang dikatakan Rand Fishkin, salah seorang penulis di MOZ, beliau menuturkan bahwa faktanya ada persentase tinggi saat deskripsi meta dirapai Googlebot, tehadap halaman konten yang kita gunakan.  

Ada persentase yang lebih tinggi lagi dimana judulnya juga dinilai sebagai "meta tag". 

Pola yang selama ini kita lakukan adalah dengan membuat URL judul sesuai dengan judul secara keseluruhan, atau sebagiannya. Jika kita tidak mengaturnya, secara default Google akan memotongnya url konten tidak full sesuai judul yang kita tuliskan.
Anda dapat membuktikan atas apa yang saya katakan. Silakan copy salah satu judul artikel di situs ini, dan cocokkan dengan judul artikel yang Anda pilih.
Nah, selain memanfaatkan sisi target kata kunci sesuai dengan riset keyword yang kita lakukan, tidak hanya pada eksesuki pada url konten, namun keberadaan meta deskripsi ternyata bisa mendorong visirot untuk melakukan klik pada artikel yang kita buat.

Sebagai contohnya seperti asalah satu artikel tentang "cara trading bitcoin tanpa modal dan tanpa loss" seperti screen shot di bawah ini:

Buat judul konten yang SEO dengan menyertakan optimasi meta descriptions
Contoh penerapan meta descriptions pada konten

6. Cerdas menggunakan kata kunci primer, sekunder, dan kata kunci terkait

Masih berkaitan dengan kata kunci. Kata kunci terkait yang berarti hubungan semantis yang Google anggap penting untuk membuktikan bahwa konten Anda relevan dengan kueri pencari. Konteks yang saya maksud adalah pada konten teks laman.  


Mengapa saya menitik beratkan pada "konten teks"?  

Karena jika Anda memasukkannya ke dalam visual atau video atau format sematan lainnya yang mungkin tidak dapat diurai dengan mudah, Googlebot mungkin akan menghiraukannya. Mereka mungkin tidak memperlakukannya karena konten itu benar-benar konten di laman, dan Anda perlu membuktikan ke Google bahwa Anda memiliki kata kunci yang relevan di laman tersebut.

Nah, pola penerapan "memudahkan" kinerja Googlebot inilah yang menjadi sangat peting, termasuk pada penggunaan kata kunci pada laman teks konten.

7. Optimalkan penggunaan rich snippets and schema markup

Apa yang dimaksud dengan rich snippets?

Rich snippets are designed to summarize the content of a page in a way that makes it even easier for users to understand what the page is about in our search results. If you’re considering taking advantage of rich snippets, think about whether a user would find the information helpful when choosing between search results.
Artinya, Snippets adalah beberapa baris kalimat yang tampil sebagai deskripsi sebuah halaman web yang muncul di hasil pencarian mesin pencari.

Snippets ini secara umum diambil oleh Google dari isi halaman, kalau kita menggunakan meta description, ada kemungkinan google juga akan menggunakan meta description yang kita pakai.


Itu artinya, dengan keberadaan Rich Snippets, bisa lebih banyak data yang bisa ditampilkan dalam sebuah snippet yang muncul di hasil pencarian Google, misalnya, menampilkan rating user, harga untuk sebuah produk, dan data lainnya yang mendukung. 

Jadi Rich Snippet dibuat sebagai rangkuman dari isi sebuah halaman dalam strutur yang ter-markup agar pengguna lebih memahami sebuah hasil pencarian di Google sebelum mengunjungi halaman yang muncul di hasil pencarian. Dengan Rich Snippets, pemilik website untuk diharapkan dapat memberikan rangkuman dan data terstruktur yang lebih baik kepada search engine tentang sebuah halaman.

Format markup yang bisa digunakan untuk membuat rich snippet adalah Microdata, Microformats dan RDFa. Selain itu juga ada format lain yang mulai populer digunakan adalah schema.org karena merupakan kolborasi dari Google, Microsoft, and Yahoo!.

Nah, apabila memungkinkan, silakan lakukan optimasi keduanya. Namun lagi-lagi tidak semua dari Sobat bisa melakukannya, karena berhubungan dengan coding di dalam struktur template yang Anda gunakan.

Lalu bagaimana cara terbaiknya?

Ya silakan gunakan template SEO Friendly. Di dalam komponen  komponen template SEO freidndly tersebut akan tersemat rich snippets and schema markup secara optimal, sehingga bisa mendorong kualitas konten yang Anda buat.

Baca juga: Top template SEO friendly terbaik dari SL Blogger


8. Optimalkan halaman blog Anda bisa termemuat dengan cepat, terlihat hebat dan "savety"
Kecepatan loading blog Anda menjadi kunci keberhasilan atas apa yang Anda lakukan dari poin pertama sampai ke enam; karena point ke tujuh bisa saja template yang Anda gunakan selain SEO friendly juga fast loading.

Nah, mulai sekarang silakan gunakan template SEO fast loading. Kalapun tidak bisa, silakan lakukan beberapa langkah berikut ini guna mendapatkan hasil kecepatan laoding blog yang lebih baik:
  • Jangan menggunakan gambar sebagai background blog
  • Optimasi Remove Render-Blocking JavaScript untuk Loading Blog
  • Hapus kode FTML yang tidak diperlukan
  • Hapus CSS yang Tidak Digunakan
Selain daripada itu, maksud saya terlihat hebat di atas adalah dari perspektif visual, UI dan user firendly dari perspektif pengalaman pengguna.

Memberikan kesenangan visitor organik blog Anda karena kelancaran penelusuran di berbagai laman, dan tentu saja savety, aman dari berbagai vistus dll. Keamanan sangat penting.

Melakukan optimasi HTTPS bukan satu-satunya, tapi ini adalah bagian besar dari apa yang Google tekankan saat ini (sejak tahun 2016-2017). Dan saya yakin, bahwa pengaturan keamaan sebuah situs dengan optimasi HTTPS masih akan berlanjut menjadi prioritas Google pada tahun 2018.

9. Bangun koneksi interaktif dengan pengunjung

Maksud saya, silakan perbaiki pola interaksi antara Sobat sebagai admin dengan visitor organik blog Anda. Misalkan saja sering membalas komentar dari pembaca ke pada anda. Atau tidak hanya di blog, namun jika Anda memiliki ruang komunikasi visual lainnya seperti di group fanspage, twitter atau Google Plus atau media lainnya silakan manfaatkan denga baik.

Setidaknya demikian sedikit gambaran yang bisa kita lakukan mengenai 9 Cara Membuat Blog Terkenal di SERP guna Peringkat 1 Google 2018. Semoga bermanfaat dan jangan lupa komentar dan pendapatnya njeh, salam. Selamat tahun baru Masehi 2018, semoga kita menjadi insan blogger yang lebih baik lagi, aamiin,

2 Responses to "9 Cara Membuat Blog Terkenal di SERP guna Peringkat 1 Google 2018"

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di Forum Blogger Indonesia ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel