3 Cara Mengatasi dan Mengembalikan Akun AdSense yang Dibanned, Disable atau Dinonaktifkan

3 Cara Mengatasi Akun AdSense yang Dibanned, Disable atau Dinonaktifkan
Banyak rekan blogger yang bertanya kepada saya cara mengembalikan akun adsense yang dibanned, disable atau dinonaktifkan. Entah dengan alasan apa, namun yang pasti banyak kasus terjadi banned masal. Padahal kita tahu, untuk memperoleh akun GA saja, tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, perlu konsistensi dan ilmu lebih, kecuali Anda mendapatkan akun GA dari proses pembelian.

Kecenderungan dari beberapa kasus yang ada, dampak dari banned akun Adsense juga lumayan kentara, terlebih lagi pada "psikologi" pemiliknya. Anda dapat membuktikan sendiri baik melalui survei kualitatif/kuantitatif (mungkin bisa jadi obyek penelitian tugas akhir anda), dampak buruk banned adsense bagi pemilik akun GA.

Ringkas cerita, perasaan ngeh, males, "wegah" dan frustasi bisa saja terjadi. Bagaiman tidak? Dengan susah payah memperoleh akun adsense, eh tiba-tiba dapat pemberitahuan dari si embah kalau akunnya telah disuspend alias banned; dan umumnya, perasaan sedih bercampur marah akan menyelimuti perasaan Anda.

Lalu bagaimana cara kita menyikapi hal itu?

Tentu saja, ada beberapa alasan penyebab akun adsense dibanned, disable atau dinonaktifkan (suspend).

Penyebab Akun Google Adsense Dibanned/dinonaktifkan

Berbagai penyebab akun adsense dibanned juga bermacam-macam. Namun secara umum sebenarnya, pihak Google Adsense sendiri telah memberikan keterangan perihal peristiwa tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Alasan umum akun AdSense dinonaktifkan Karena ada indikasi arus lalulintas tidak valid (invalid activity)

Berikut ini adalah penyebab terjadinya invalid activity yang berasal dari penjelasan pihak Google Adsense:
  • Mengklik iklan pada situs, saluran YouTube atau aplikasi Anda sendiri
  • Satu atau beberapa pengguna berulang kali mengklik iklan pada situs, saluran YouTube, atau aplikasi Anda
  • Menghasilkan atau menerima traffic otomatis atau bot
  • Menggunakan sumber lalu lintas dengan insentif
  • Memanipulasi cara penayangan iklan
  • Menganjurkan pengguna untuk mendukung situs, saluran YouTube, atau aplikasi Anda melalui interaksi iklan
  • Penempatan iklan yang menipu bagi pengguna atau menghasilkan klik yang tidak disengaja
  • Iklan disematkan dalam aplikasi

Beberapa poin penyebab di atas memang menjadi sebuh rule of law, aturan baku dari pihak GA yang harusnya wajib ditaati semua publisher.

2. Alasan umum akun AdSense dinonaktifkan karena alasan kebijakan

Penyebab munculnya ketegasan pihak GA mendisable akun Adsense Anda karena alasan kebijakan adalah sebagai berikut:
  • Konten porn*grafi, d*wasa, atau v*lgar
  • Konten buatan pengguna
  • Melanggar pedoman webmaster
  • Penempatan iklan yang menipu
  • Pelanggaran hak cipta
  • Konten ilegal
Keenam poin pada daftar penyebab kedua ini berkaitan langsung pada isi konten, dan pengelolaan desain penempatan iklan.

Dua alasan utama di atas setidaknya memberikan gambaran kepada kita semua, bahwa dalam menjalin kerjasama apapun, khususnya dengan pihak Google AdSense, kita harus komitmen dan memegang aturan main yang secara eksplisit mengikat pada kedua belah pihak.

Pertanyaan pentingnya, benarkah Anda melakukan kedua keselahan di atas secara sengaja? Atau memang ada pihak ketiga yang secara nyata melakukan tindakan yang tidak bertanggujawab? Jika jawabannya adalah opsi kedua, silakan lakukan pelaporan kepada pihak berwajib atas kejadian itu (kasus boom click dll)

Lalu apa yang harus dilakukan jika memang akun Anda benar-benar dibanned, disable atau dinonaktifkan oleh pihak Adsense? Adakah cara jitu mengatasi masalah tersebut?

Cara Mengenbalikan Akun AdSense yang Dibanned, Disable atau Dinonaktifkan

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan guna memperoleh akun yang telah disusped pihak Adsense.

1. Ajukan banding

Langkah ini adalah cara legal dan tidak melanggar aturan hukum yang telah disepakati kedua belah pihak. Pihak Adsense sendiri juga telah menyampaikan perihal pengajuan banding ini. Alasan mereka tentu saja agar tidak terjadi kesalahpahaman antara mereka dengan publisher.

Sobat dapat melakukan proses pengajuan banding melalui laman >> Bantuan Adsense.

Hanya sebatas msukan:

Apabila Anda mengajukan banding, sebaiknya jangan tergesa-gesa karena (menurut keterangan yang ada di email notifikasi dari Tim Google AdSense), bila sudah pernah mengajukan banding terhadap sebuah akun/site, Anda kemungkinan tidak akan menerima tanggapan atas keberatan yang diajukan berikutnya (sekarang maupun mendatang).

Silakan telaah lebih detail penyebab utama akun adsense Anda dibanned. Hal ini bertujuan untuk menentukan alasan pengajuan banding supaya benar-benar sesuai dengan kronologinya. Jangan sampai Anda mengajukan banding namun dengan alasan yang tidak masuk akal.

2. Rutin update konten

Poin kedua ini bisa Anda lakukan sembari menunggu jawaban banding yang telah disampaikan. Kenapa opsinya update artikel? Alasasannya sederhana. Rutinitas update artikel pada akun GA anda tadi bisa menjadi sebuah alasan logis bagi pihak GA, bahwa Anda benar-benar serius dalam mengoptimalkan situs.

Hal ini penting, sebagai acuan mereka, setidaknya dengan pola pengajuan banding sembari menelaah langsung aktivitas lalulintas blog anda masih berjalan dengan baik. Ingat, dinonaktifkannya akun GA tidak serta merta akun blog anda disuspend (kecuali memang melakukan pelanggaran berat, misalkan dilaporkan karena melakukan pelanggaran hukum atas konten anda, atau dilaporkan pihak lain karena aktifitas copas konten tanpa ijin).

3. Tetap semangat dan muhasabah

Poin ketiga ini lebih pada aspek psikologis. Maka, setidaknya, ada beberapa hikmah yang bisa kita dapatkan dari berbagai kasus banned adsense, diantaranya:
  • Rejeki sudah ada yang mengatur; rejeki itu jatah dan tidak akan lari kemana-mana.
  • Mungkin Anda pernah melakukan kecurangan pada pihak Adsense, maka setidaknya hal ini menjadi kunci untuk menjadi lebih baik lagi
  • Mungkin Anda pernah menyalahi blogger lain, misalkan iri dengan pendapatan pihak lain dari GA, lalu berupaya keras menjatuhkan rival Anda, misalkan melalui boom click. Perhatian juga, bahwa sifat iri dengki yang berlanjut pada perbuatan menyakiti orang lain, suatu ketika PASTI akan dibalas oleh Tuhan dalam bentuk lain atau sama, setimapal atau lebih berat.
  • Terus bedo'a semoha Tuhan menjaga akun Adsense Anda sembari berharap semoga mendapatkan keberkahan atas apa yang Anda lakukan. Mari berlomba-lomba dalam kebaikan, fastabiqul khoirot.

Demikian sekilas informasi mengenai 3 Cara Mengatasi Akun AdSense yang Dibanned, Disable atau Dinonaktifkan. Semoga bermanfaat, googd luck and happy blogging.

0 Response to "3 Cara Mengatasi dan Mengembalikan Akun AdSense yang Dibanned, Disable atau Dinonaktifkan"

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel