9 Cara Baru Membangun Link Building Berkualitas 2018

5 Cara Baru Membangun Link Building Berkualitas 2018
Banyak ragam metode yang bisa kita gunakan untuk membangun Link Building berkualitas. Link building berkualitas tentu saja salah satunya dalah Natural, dan sayangnya cara ini harus dioptimalisasi secara real time dan tidak serampangan (over actions).

Melihat beberapa kasus yang dialami pemilik blog, sering kali guna memperoleh link building secara natural, mereka malah melakukan sabotase dalam membangun link building. Bisa jadi, hal itu dikarenakan mereka tidak sabar untuk memperoleh trafik tinggi.

Seperti dikatakan para pakar seo, salah satu metode yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan otoritas domain adalah dengan membangun link building berkualitas baik, yakni dengan membuat backlink berkualitas.

Memperbincangkan tentang cara memperoleh backlink berkualitas, tentu saja Sobat semua sudah faham. Saya kira yang membaca artikel sudah paham dengan cara membuat backlink berkualitas.

Secara garis besar, metode yang bisa terapkan untuk memperoleh backlink berkualitas guna terbangunya link building secara natural adalah dengan memperhatikan beberapa hal. Hal ini perlu saya sampaikan karena jika anda tidak mempunyai dasar atau metode untuk membangun link building secara tepat, mungkin anda tidak akan memperoleh hasil maksimal.

Nah, berikut ini adalah beberapa metode yang harus anda ketahui untuk membangun link bulding berkualitas:

1. Lihatlah kridebilitas blog target

Anda dapat dengan mudah menentukan tingkat kualitas sebuah blog, misalkan dengan melihat kualitas konten yang mereka sajikan. Kualitas konten bisa kita lihat pula melalui tingkat otoritas tinggi di mesin pencari. 

Selain daripada itu, kita juga bisa menilai kulitas originilitas web yang ada.

2. Perhatikan outbound link blog target

Perhatikan, apakah blog tersebut mempunyai banyak eksternal link yang jelek atau bahkan tidak relevan sama sekali terhadap isi konten; atau jangan-jangan outbound link tersebut malah mengalahkan web tersebut. Hal itu karena banyak sekali website/blog yang mempunyai outbound link yang terlalu over, namun tidak relevan, dan hal itu adalah tindakan tidak berguna untuk membangun link building di blog tersebut.

3. Pastikan untuk membangun link building blog tersebut bukan situs farm blog (blog peternakan Link). 

Biasanya blog ini diciptakan dari cara autoblog dengan memanfaatkan feedbunner atau dengan cara lain, jadi bisa dipastikan bahwa blog seperti ini tidak mempunyai kulitas konten di dalamnya, dan itu tidak bagi bagi blog Anda.

Baca juga: 10 Teknik SEO Terbaru Terbaik 2018-Best SEO Tips

Setidaknya itulah beberapa cara untuk mengetahui bagaimana cara membangun inbound link yang baik dan berkualitas dengan cara natural.

Setelah kita mengetahui bahwa dengan membangun blog kita seperti yang sudah saya tuliskan diatas, maka kita wajib menghindari mulai saat ini terhadap beberapa hal yang berkebalikan dari apa yang saya sampaikan.

lalu bagaimana caranya membangun link building yang benar?

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa google selalu melakukan otorisasi terhadap situs yang memang mempunyai backlink yang tidak wajar, atau kepada situs yang memang mempunyai proporsi backlink yang wajr. Dan tentunya akan sangat berdampak negatif manakala blog kita menjadi incaran Google karena keberadaan backlink yang tidak wajar. Nah, dengan alasan itulah setidaknya kita harus berhati-hati dalam mebuat link building se-natural mungkin untuk menghindari penalti google.

Link yang tidak natural biasanya menggunakan tool atau software yang jelas-jelas menghasilkan backlink yang tidak wajar.

Cara Membangun Link Building Natural Berkualitas

Sebenarnya sangat sederhana sekali. Misalnya:

1. Berikan Konten Berkualitas pada visitor Anda.

Kualitas artikel Anda akan menentukan kualitas blog Anda. Semakin bagus kualitas blog Anda, maka bukan tidak mungkin tulisan-tulisan Anda akan dijadikan rujukan oleh blogger lain, dan hal itu sangat bermanfaat untuk blog Anda nantinya.

2. Dapatkan Backlink Berkualitas

Melalui blog dofollow, kita bisa mendapatkan backlink berkualitas melalui blog walking alias komentar di blog dovollow tersebut. Namun perlu diingat, cara melakukan blog walking dengan cara yang wajar melalui wujud komentar yang berbobot, tidak asal berkomentar dan tidak juga nyepam alias OOT (Out of Topic).
3. Menjadi penulis tamu. 

Istilah ini sering kali dinamakan guess blog. Banyak manfaat yang kita dapatkan manakala menjadi seorang blogger tamu. Selain bisa menambah kemahiran menulis, biasanya kita akan mendapat bonus menyertakan link yang mengarah pada blog kita; dan itulah sebenarnya backlink yang berkualitas, dengan cara ini dapat pula meningkatkan otoritas penulis.

4. Bangun Komunitas Terpadu

Berpartisipasi di forum-forum terkenal dan meninggalkan link rujukan yang sesuai dengan niche yang di diskusikan.

5. Sewajarnya saja jangan Over

Lakukan link building dengan sewajarnya saja serta tidak terkesan timpang tindih. Jika anda bekerja sendiri untuk membuat konten di blog pribadi anda dan membuat ratusan link dalam seminggu misalnya, cara ini sebenarnya sudah melebihi batas wajar. untuk itu Perhatikan kualitas, bukan merujuk pada kuantitas.

Intinya semua yang harus anda lakukan adalah dengan cara wajar dan manual, karena dengan cara ini, semua link building yang anda hasilkan akan bisa anda nikmati, namun jika sebaliknya anda terlalu tergesa-gesa untuk membangun link building perlu anda catat sendiri kapan anda akan mendapatkan sanksi dari mesin pencari seperti google.

6. Cerdas Melihat peluang

Bukan tidak mungkin kita mendapatkan pelajaran berharga dari kompetitor. Artinya, mengetahui pola yang dilakukan kompetitor dalam meningkatkan kualitas blog dapat pula kita gunakan. Bolehlah, misalnya kita intip strategi kompetitor.

Contoh sederhananya adalah intip backlink yang mereka gunakan. Anda bisa pula mengambil dari situs otoritas yang menjadi rujukan mereka. Namun sekali lagi, pelajari lebih lanjut kredibilitas situs yang mereka gunakan.

7. Jangan sembarangan gunakan website directory
Anda harus hati-hati apabila menggunakan website berbentuk direktori jika tidak ingin berakibat negatif. Jika ada website direktori sebaiknya anda hindari.

Apa ciri-ciri website directory?

Biasanya direktori yang bagus adalah direktori bisnis. Anda yang punya website bisnis, inilah cara termudah untuk mendapatkan backlink yang lumayan kualitasnya.

Direktori yang jelek topiknya terlalu beragam, tanpa seleksi penerimaan, tidak ada aktivitas pengunjung, dan sebagian besar website yang terdaftar disana juga tidak jelas kualitasnya.

Dilihat sekilas saja kita bisa tahu direktori yang jelek.
Sebaliknya, direktori yang bagus adalah direktori yang dimoderasi dengan ketat supaya website yang terdaftar disana juga berkualitas dan memiliki topik-topik yang tepat.
Kalau anda menemukan direktori seperti ini, daftarkan website anda.

Sekali lagi, camkan kata-kata saya, jangan submit ke website direktori yang reputasinya tidak jelas.

8. Optimalkan content sharing platform

Social bookmark merupakan salah satu content sharing platform yang sering diincar oleh pemilik website baru. Tapi masih ada jenis content sharing platform yang lainnya seperti:
Beberapa website di atas memang sifatnya nofollow.

Anda saja konten anda di sana memperolah tanggapan positif dari penggunanya misalkan berupa komentar, like, atau sharing, barulah link anda tergolong backlink yang berkualitas.

Sedangkan kalau sebaliknya, bahkan mungkin bisa tidak ter-index.

Maka dari itu jangan melakukan spam.

Posting spam di situs-situs tersebut biasanya langsung tenggelam karena tidak akan ada orang yang tertarik.

Lebih baik mengirim 1 konten berkualitas daripada 1000 konten spam.

9. Aktifkan Gorup Dikusi yang Anda Punya

Blogger jaman sekarang pasti sudah mempunyai media diskusi masing-masing. Silakan saja manfaatkan wahana komunikasi antar blogger tersebut guna menambah link, network secara terpadu dan koheren. Manfaatnya sangat luar biasa.
 
Demikian sekilas informasi mengenai 9 Cara Terbaik  Membangun Link Building Berkualitas 2018. Semoga bermanfaat dan salam blogging.

0 Response to "9 Cara Baru Membangun Link Building Berkualitas 2018"

Posting Komentar

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di Forum Blogger Indonesia ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger