Cara Mudah Mengaktifkan HTTPS di Blog Custom Domain (TLD)

Cara Mudah Mengatifkan HTTPS di Blog Custom Domain (TLD)
Mengaktifkan HTTPS pada blog custom domain/top level domain saat sudah bisa dilakukan.

Seperti kita ketahui, saat awal melakukan peralihan hosting dari blogspot ke provider domain, biasanya kita tidak bisa mengaktifkan fitur HTTPS pada blog custom tersebut.

Nah, dalam beberapa waktu kemarin, ternyata fitur HTTPS bisa kita nikmati di blog TLD alias custom domain, baik bagi website yang hanya domainnya saja yang dialihkan, atau secara keseluruhan hosting di provider yang Anda gunakan.

Sebelum melangkah lebih lanjut, sebenarnya apa sih HTTPS itu?

Berdasarkan informasi dari wikipedia, HTTP atau singkatan dari Hypertext Trasnfer Protocol Secure) adalah protokol yang menggunakan http pada koneksi terincripsi dengan keamanan transport- layer. Nah.

Sedangkan HTTPS merupakan versi terkini dan aman dari HTTP tersebut. merupakan Protokol transfer hiperteks versi aman dari HTTP, protokol komunikasi dari World Wide Web. Protokol ini telah ditemukan oleh Netscape Communications Corporation yang menyediakan autentikasi dan komunikasi tersandi dan penggunaan dalam komersi elektris.

Selain menggunakan komunikasi plain text, HTTPS menyandikan data sesi menggunakan protokol SSL (Secure Socket layer) atau protokol TLS (Transport Layer Security). Pada umumnya port HTTPS adalah 443.

Tingkat keamanan tergantung pada ketepatan dalam mengimplementasikan pada browser web dan perangkat lunak server dan didukung oleh algorithma penyandian yang aktual.

Oleh karena itu, pada umumnya halaman web atau blog sobat akan digunakan HTTPS, dan URL yang digunakan dimulai dengan https:// bukan dengan http://. Silakan coba cek alamat url blog masing-masing.

Lalu sebenarnya manfaat menggunakan layanan HTTPS ini apa?

Berikut ini adalah beberpa keuntungan mengaktifkan HTTPS di blog custom domain:
  1. Blog kita lebih aman (memiliki koneksi yang lebih protect - aman)
  2. Lebih dinilai kredibel bagi mesin pencari
  3. Meningkatkan kepercayaan publik (pengunjung)
  4. Lebih SEO bagi SERP

Cara Mudah Mengatifkan HTTPS di Blog Custom Domain (TLD)

Pertama-tama, silakan menuju tab baru ke alamat draft.blogger.com kemudian tekan enter, seperti pada gambar di bawah ini:

draft.blogger.com
Tampilan laman draf,blogger.com
Kemudian pilih menu setting > dasar > HTTPS pada dashboard blog Anda. Setelah itu pilih opsi Ya pada pilihan Ketersediaan HTTPS :

Pilih opsi Ya pada menu Ketersediaan HTTPS
Tampilan opsi Ya pada menu Ketersediaan HTTPS
Jika sudah, silakan tunggu beberapa saat sampai menu Pengalihan HTTPS terbuka, dan jika sudah silakan pilih opsi Ya pada menu tadi, seperti penjelasan gambar di bawah ini:

Pilih Ya pada opsi Pengalihan HTTPS
Tampilan "Pilih Ya pada opsi Pengalihan HTTPS"
Jika sudah rampung semuanya, silakan ganti semua kode url yang terdapat di template (mode html) dengan nama "https". Caranya cukup muda, silakan masuk ke template mode html, dan cari dengan menekan keyboard hurup CTRL+F, dan silakan ganti satu persatu. Jika ingin cepat, silakan tekan hurup CTRL+shift+R. Maka silakan masukkan kode http, kemudia ganti dengan https > enter baru pillih save template, selesai.

Lalu bagaimana cara membuat mesin pencari mengenali mode url baru pada blog kita?

Tentu saja kita perlu memberikan konfirmasi pada webmaster tools. Kita submit kembali terhadap blog yang sudah diaktifkan fitur httpsnya tadi ke laman webmaster tools Google, seperti halnya langkah melakukan submit di blog baru.

Yang menjadi pertanyaan umum mengenai dampak negatif mengaktifkan https di blog custom domain, adalah trafik akan turun drastis. Selain itu, kemungkinan besar pendapatan Adsense Anda juga akan turun, karena terkait banyaknya visitor yang mengalami penurunan.

Apakah hal itu akan berlangsung permanen atau bersifat sementara saja?

Penurunan trafik tersebut diakibatkan karena adanya perubahan laman url blog kita yang secara umum sudah diketahui oleh visitor dan mesin pencari. Seperti halnya kita melakukan custom domain blogspot ke dot com. Nah, jika demikian, maka hal penurunan trafik tidak akan berlangsung lama, dan akan kembali bahkan meningkat dari kondisi sebelum menggunakan fitur https.

Baca juga: 5 Cara Baru Membangun Link Building Berkualitas 2018

Lalu bagimana mengatasi iklan Adsense yang tidak muncul karena penggunaan fitur HTTPS pada blog kita?

Sobat hanya perlu menambahkan kode di bawah ini di atas kode </body>
<script type='text/javascript'> //<![CDATA[ (function() { var ad = document.createElement('script'); ad.type = 'text/javascript'; ad.async = true; ad.src = 'https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js'; var sc = document.getElementsByTagName('script')[0]; sc.parentNode.insertBefore(ad, sc); })(); //]]> </script>
Setelah itu, silakan hapus semua kode berikut ini:
<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
Langkah terakhir adalah Save template.

Demikian sekilas informasi mengenai Cara Mudah Mengatifkan HTTPS di Blog Custom Domain (TLD). Semoga bermanfaat, salam.

0 Response to "Cara Mudah Mengaktifkan HTTPS di Blog Custom Domain (TLD) "

Post a Comment

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di forum ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger