7+ Kesalahan SEO Paling Fatal yang Harus Dihindari




Kesalahan SEO paling Umum dan Fatal yang Harus Dihindari - Ranking 1 Google merupakan impian setiap blogger dalam menjalankan dunia blogging. Tidak memandang master blogger ataupun pemula, pasti semua ingin tetap berada di halaman pertama Google atau search engine.

Untuk mewujdukan hal itu, banyak sekali praktisi SEO dan master blogger telah menularkan berbagai tutorial dan arahan. Mereka menjelaskan tentang faktor utama penilaian Google terhadap sebuah situs. Dengan mengacu hal itu sekiranya kita bisa ikut berlomba memperoleh cinta Google terlebih mesin pencari secara keseluruhan. Sobat harus tetap memperhatikan faktor penentu peringkat blog di Google.

Disadari atau tidak, fokus utama kita tentu mengacu pada satu mesin pencari sudah cukup baik bagi seorang newbie seperti saya. Alasannya sederhana, ya karena setahu saya saat ini Googl masih menjadi search engine nomor wahid di dunia. Kecuali jika Sobat sudah beranjak blogging untuk aktivitas bisnis, maka mau tidak mau juga harus fokus pada ranking utama pada semua mesin pencari tidak hanya Google.

Dalam praktiknya, seperti yang sudah kami jelaskan dalam banyak artikel dalam langkah sederhana dalam membuat blog berkualitas, senjata penting sering diistilahkan sebagai SEO (seach engine optimization). Seperti yang disampaikan Dholakiya, direktur SEO dan Marketing E2M Solutions, terdapat 10 Kesalahan yang harus dihindari dalam Optimasi SEO. Disadari atau tidak, Sobat pasti sering kesana kemari mencari trik SEO paling jitu, dan ternyata malah salah menerapkannya.

8 Kesalahan SEO Paling Umum Berdampak Fatal pada Blog

Berikut ini beberapa kesalahan fatal yang sering dilakukan para blogger dalam melakukan optimasi SEO, antaralain:

1. Mengabaikan UI/UX ((User Interface / User Experience)

UI (User Interface) dan UX (User Experience) merupakan hal pokok sebagai sebuah parameter dalam mendobrak sebuah website di mata Search Engine. Secara sederhana User Interface dalam sebuah web/blog mencakup penyajian sebuah blog dilihat dari desain tata kelolanya. Kemudahan menu navigasi, kesesuaian pengturan warna yang menyejukkan, tata kelola optimasi font di dalam setiap heading dan masih banyak lagi.

Tidak sekedar membuat sebuah blog dengan tampilan mewah nan wah dengan beragam animasi yang memenihi tampilan blog. Terlebih banyaknya widget yang tak begitu penting, yang justru malah membuat tampilan semakin semrawut.

Sedangkan User Experience adalah lebih pada aspek penilaian internal blog itu sendiri. Sejauhmana kepuasan pengunjung dalam menelusuri blog kita. 
Sudahkan kita membuat pembaca artikel kita senang? Atau sudahkan kita membuat pembaca merasa ketagihan untuk membaca blog kita untuk kedua kalinya, bahkan menjadikan situs kita menjadi buka pertama sebagai informasi utama dalam aktifitas mereka?
Maka dalam User Experience, kita diwajibkan memberikan hal yang benar-benar bermanfa'at untuk pembaca. Maka tidak ada cara lain dalam hal ini kecuali dengan membuat sebuat artikel yang berkualitas. Tidak sekedar disukai pembaca, lebih-lebih ramah terhadap mesin pencari Google. Simak cara membuat artikel yang ramah terhadap mesin pencari Google.
Semakin baik UI/UX sebuah blog/web, maka pengunjung akan merasa nyaman menulusuri halaman demi halaman web, bahkan akan kembali untuk kesekian kalinya.
2. Blog yang Terlalu Lelet saat Dibuka

Tidak bisa dipungkiri, salah satu kenyamanan pengunjung dalam menelusuri blog kita adalah karena faktor kecepatan page load time. Artinya, ketika blog kita bisa diakses dengan cepat, maka tidak ada hal lain yang muncul di benak pengnjung, kecuali merasa puas. Jika faktor itu sudah ada di blog kita, ditambah dengan kualitas konten yang baik, dijamin pembaca artikle kita akan kembali untuk kedua kalinya, bahkan menjadi pembaca setia blog kita.

Jika melihat kesalahan kedua ini, bisa dipastikan kesalahnnya ada dua hal sederhana, yaitu:
  1. Salah memilih template
  2. Terlalu over memakai widget
Saat ini sudah banyak banget kok penyedia layanan template gratis yang sudah memberikan fasilitas fast load page time. Sebut saja salah satu template terbaru, misalkan saja top template SEO killer terbaru 2018. Selain super cepat, template ini juga super SEO killer, mobile friendly. Juga dilengkapi dengan fitur penempatan iklan Google Adsense dengan CTR tinggi. Untuk menambah keyakinan Sobat blogger, silakan pelajari terlebih dahulu 5 cara tepat memilih template.

Jika sobat sudah memilih template yang tepat, langkah selanjutnya jangan menggunakan berbagai widget yang tidak begitu penting. Misalkan saja seperti aplikasi Jam otomatis, kalender dll. Atau jangan terlalu over dalam menggunakan desain tempilan blog dengan banyaknya animasi. Hal itu menjadi faktor penyebab blog menjadi berat saat dibuka. Lakukan cara mempercepat loading blog dengan baik.

3. Tidak Peduli dengan Sosial Media

Media sosial menjadi tools pembantu kita dalam memaksimalkan media promosi terhadap setiap artikel yang kita tulis. Maka tidak ada salahnya pola pikir Gaptek (gagap teknologi) seorang blogger jangan dipiara, hehe. Gunakanlah media sosial sebagai alat bantu kita. Jika perlu, buatlah sebuah group komunitas yang sesuai dengan niche blog sobat. 

Dengan begitu, maka media promosi kita tidak sekedar melalui Google saja, namun juga melalui media sosial, seperti facebook, twitter dll. Bahkan kabarnya, beberapa Search Engine seperti Google menggunakan alogaritma yang memungkinkan sebuah web/blog berada di halaman pertama, ketika banyak diakses dari sosisal media..

4. Asal Tulis Artikel

Pada dasarnya, mesin pencari didesain untuk melakukan indeks terhadap setiap artikel yang kita buat, dengan algoritma khusus yang fokus pada seberapa jauh nilai kualitas yang kita buat. Salah satu parameter penting di dalam algoritma ini adalah seberapa jauh nilai kemanfa'atan artikel yang kita buat.

Hal ini sudah sering kali kita jelaskan dalam banyak artikel. Termasuk 10 Cara menulis artikel SEO 2018. Selain itu, ada satu hal fatal yang sering dilakukan para blogger, yaitu sering copy paste artikel dari blog lain. Selain tidak akan betak di mesin pencari, paling berabe blog tersebut tidak akan diterima Google Adsense. Baca dengan seksama bahaya copy paste artikel bagi blog kita.

5. Mengutamakan Mesin Pencari daripada Pengunjung

Sebuah pemahaman yang salah ketika kita menganggap bahwa kalau artikel yang kita buat terdapat berbagai macam kata kunci dengan tujuan untuk mendapatkan trafik tinggi di Google. Seperti ulasan sebelumnya, sebuah artikel memang akan diindeks oleh mesin pencari. Namun kesesuaian antara kata kunci dengan pembaca harus sinkron.

Sederhananya, ketika kita membaca sebuah artikel dengan banyak sekali pengulangan kata atau kata kunci utama yang tertanam di dalamnya, yang terjadi adalah sebuah kerancuan, ketidak efektifan setiap penyusuan kata dalam sebuah paragraf. Dampaknya, pembaca akan merasa enggan membaca lebih jauh. 

Jika yang terjadi demikian, maka opsinya hanya dua, lebih memilih pembaca atau mesin pencari?

Jawabannya tentu kita harus memilih kedua-duanya. Solusi utama kita harus bisa menulis artikel yang ramah terhadap Google dan disukai pembaca.

6. Tidak Mengklaim Kepemilikan Google+

Google+ merupakan jejaring sosial milik Google, oleh karena itu lakukan otorisasi kepemilikan pada blog Anda. Dengan meklaim kepemilikan blog, maka akan bertambah kepercayaan google terhadap blog tersebut dan akan menampilkan avatar kita pada pencarian Google.

Diantara cara mengklaim kepemilikan, yaitu dengan menyimpan meta tag publisher pada blog kita, contoh<link href='https://plus.google.com/angkaIDGoogle plus sobat' rel='publisher'/>

7. Suka Nyepam

Diantara hal yang memperkuat posisi kita di mesin pencari adalah link building. Akan tetapi link yang terlalu cepat, diantaranya dengan menggunakan software tukar link, sangat berbahaya. google memahaminya tidak realistis. Salah satu kesalahan besar yang sering dilakukan para blogger ketika ingin mendapatkan backlink adalah dengan melakukan blog walking.

Blog walking ini sebenarnya memang efektif. Namun jika blog walking hanya dimaknai hanya sekedar komentar, menanam link aktif dll, hal itu malah membuat reputasi blog kita semakin jelek di mata Google. Karena setiap aktifitas demikian sudah tergolong spam (aktifitas nyebar sampah).

Jika Google sudah menganggap blog kita identik dengan penyebar sampah, maka jangan bilang jika Google akan meyukai setiap artikel yang kita buat, terlebih secara umum pada blog kita.

Begitu juga sebaliknya. Jika kita sering memperoleh komentar spam, maka situs kita juga akan berimbas pada trafik yang telah diperoleh. Lalu bagaimana solusinya?

Gampang kok. Diantaranya:
Berkomentarlah di blog dengan kualitas baik, namun jangan menyebar link aktif serta sesuai dengan topik yang dibicarakan. Jika tidak, komentar sobat pasti tidak akan dimunculkan atau akan dihapus..
Backlink yang baik adalah link yang dibangun secara natural alami, bukan link manipulasi menggunakan softaware tertentu yang hanya untuk mendongkrak trafik di mesin pencari. Bagi rekan-rekan yang tidak suka nyepam, alangkah baiknya juga harus mengatasi komentar spam di blog kita.

8. Mengikuti Petunjuk yang Salah

Jika diamati, banyak sekali di sana sini bertebaran tutorial SEO. Namun terkadang tutorial tersebut hanya sekedar tulisan tanpa kejelasan dan bukti yang nyata. Selain itu, carilah blogger idola buat rekan-rekan. Jika sudah merasa mendapatkan sosok yang tepat sebagai media belajar SEO bagi sobat, teruskan saja.

Blogger idola di sini tentu seorang blogger yang memang benar-benar bisa membuat sobat merasa puas dengan berbagai tips SEO yang sudah rekan terapkan. Atau paling tidak sudah menunjukkan bukti nyata bagi sang idola tersebut. Sebut saja misalkan saja situs ini. Silakan sobat berikan masukan dalam hal apapun. Jik dirasa tutorial ini hanya sekedar tulisan tanpa makna, maka beralihlah pada tips SEO yang lain.

Dengan mendapatkan seorang sosok tutor SEO yang cocok, maka jalinlah komunikasi yang baik. Dengan begitu, kita akan mendapatkan manfaat besar. Diantaranya kita mendapatkan backlink berkualitas, juga memperoleh ilmu yang akan menaikkan trafik blog kita di mesin pencari.

Saya kita demikian tutorial 8 Kesalahan dalam Optimasi SEO, yang mungkin sarat makna. Jika memang demikian, please saya diberi masukannya tentang tips SEO di atas, sesuai dengan apa yang telah saya alami, terutama di blog ini. Simak juga 10 kesalahan fatal yang hrus dihindari blogger pemula.

Semoga bermanfaat. Salam.
(http://www.forumblogindo.com/).*

Berlangganan update artikel terbaru via email:

5 Responses to "7+ Kesalahan SEO Paling Fatal yang Harus Dihindari"

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di Forum Blogger Indonesia ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel