Lebih SEO dan Mudah Full Approve Adsense Menggunakan Template Bawaan Blogger atau Modifikasi?

Lebih SEO dan Mudah Full Approve Adsense Menggunakan Template Bawaan Blogger atau Modifikasi?
Beberapa saat lalu ada pertanyaan seputar blogging, khususnya mengenai perbandingan template bawaan blogger dengan modifikasi. Kalau menurut Sobat bagaimana?

Pertanyaan tersebut berlanjut hingga pada proses approve adsense. Apakah template bawaan blogger lebih mudah di approve adsense dibandingkan dengan template premium modifikasi pihak ketiga?

Nah, kedua pertanyaan tersebut menjadi bawah belajar kita pagi ini.

Sepeti yang kita tahu, bahwa blogger secara khusus sudah menyertakan fitur blog yang mereka gratiskan, yakni berplatform blogspot seperti yang banyak digunakan di dunia. Berbagai fitur di dalamnya juga sudah termasuk template bawaan yang secara default sudah tersedia dan gratis bisa kita gunakan.

Fitur yang tersemat di dalam template bawaan blogger tersebut juga sudah dilengkapi dengan responsive design/mobile friendly secara default melalui pengaturan di dalamnya. Berbagai fitur itulah yang "mungkin" membuat para blogger kebingungan, lebih memilih theme bawaan blogspot atau modifikasi dari blogger lain?

Jika kita tinjau secara perlahan dan seksama dari kedua pertanyaan, ada sisi mendalam yang sejatinya bisa kita telaah, yakni masalah SEO, template bawaan, dan modifikasi; ketiganya termuat di dalam kedua pertanyaan.

Pertama, secara garis besar, kita sejatinya harus faham betul mengenai perbedaan antara kedua template bawaan blogger dengan template modifikasi.

Baca juga: Review Template SL Fastest SEO & Fastest Magz Mas Sugeng. Hasilnya?

Perbedaan Utama Template Bawaan Blogger dengan Modifikasi

Secara garis besar, berikut ini adalah beberapa spesifikasi dan keunggulan template bawaan bogger:
  1. Ringan dimuat (fast load)
  2. Tampilan sederhana, clean
  3. Mobile friendly
  4. Struktur kodenya sudah lolos verifikasi Google Blogger
  5. Meta tags masih standar, terutama di bagian Title Tags
  6. Kemungkinan besar (99,99%) tidak ada trouble error
  7. Silakan ditambahkan
Ketujuh spesifikasi template bawaan blogger di atas saya kira cukup mudah untuk difahami dan dimengerti.

Lalu bagaimana dengan fitur template hasil modifikasi para blogger yang saat ini banyak dijual ata bahkan free download?

Mengenai masalah spesifikasi yang tersedia di dalam template modifikasi, saya kira jauh lebih banyak dibandingkan dengan fitur theme bawaan blogger. Seperti halnya telah adanya fitur optimasi SEO pada meta tag, terutama di tile. 

Apa pentingnya optimasi SEO pada meta tag title?

Meta tag title ini akan membawa peranan peting sebuah blog guna memberikan kemudahan pada google bot dalam melakukan crawling dan indexing. Sehingga, proses perangkingan blog akan lebih mudah.

Ketika membaca ulasan singkat di atas saya kira Sobat sudah fahamkan contoh perbedaanya. Kita kembali pada pertanyaan di atas.
Jika dilihat dari tingkat SEO, kedua template mempunyai spesifikasi berbeda. Lebih SEO template modifikasi apabila template tersebut memang benar-benar full optimasi, baik dari sisi struktur (tidak ada yang error), meta tag title juga sudah teroptimasi SEO dengan baik.
Namun jika template modifikasi tidak memenuhi kriteria yang saya sampaikan tadi, terlebih lagi loadingnya lemot, tidak responsive desain, maka bisa dipastikan template bawaan blogger menjadi pilihan terbaik.

Salah satu keunggulan template modifikasi jika dilihat dari desain, kebanyakan memiliki tampilan yang lebih dinamis, kreatif dan lebih elegan. Poin inilah yang sebenarnya banyak dicari para blogger. Tidak sekedar mengandakan template SEO friendly fast loading, namun juga memilih jenis tampilan yang dinamis, lebih berwarna memikat serta elegan.

Adakah kaitannya antara template dengan diterimanya Google Asense full approve?

Jika ingin menjawab pertanyan kedua ini, setidaknya Sobat harus membaca secara teliti pedoman dan aturan yang dijelaskan pihak AdSense.

Syarat untuk Berpartisipasi di AdSense

Secara garis besar, berikut ini adalah beberapa kelayakan untuk bisa berpartisipasi di AdSense, seperti yang telah dijelaskan pihak GA:

1. Anda harus punya situs/blog
2. Anda harus mematuhi berbagai peraturan dan kebijakan Adsense
3. Situs Anda harus aktif setidaknya berumur 6 bulan
4. Anda harus berusia minimal 18 tahun

Note:
Keterangan di atas sebatas syarat kelayakan untuk bisa mengikuti program Adsens, yang tertulis dalam keterangan laman GA. Terlepas banyak blogger yang berhasil daftar walau belum memenuhi syarat diantara kebijakan di atas, wallohu a'lam.

Adakah hubungannya antara template dengan syarat full approve adsense?

Saya kira tidak diuliskan di atas. Namun, poin pertama di dalam keterangannya disertakan tulisan "Baca tips untuk membuat konten yang menarik sehingga Anda dapat memikat pengguna dan pengiklan ke situs Anda".


Nah, pada poin ini sebenarnya faktor template menjadi salah satu opsi kreatif dari kita untuk bisa lekas memperoleh akun adsense secar full approve. Kenapa bisa demikian? Salah satu prasyarat yang menjadi pertimbangan pihak Adsense adalah banyaknya pengunjung. Banyaknya pengunjung blog kita juga diperngaruhi ketertarikan viitor baik secara organik maupun dari sumber lain, misalkan media sosial.

Nah, sumber visitor organik tergantung dari kemudahan Google bot dalam merayapi situs kita, dan hal itu dipengaruhi oleh kualitas scrannable tidaknya laman yang kita buat, yang secar default terkonsep dan tersetting oleh template yang kita gunakan.

Itulah sejatinya keterkaitan template dengan mudah tidaknya sebuah blog bisa diapprove adsense.

Mau pilih templte bawaan blogger, atau template modifikasi? Semua kembali pada tingkat kepercayaan pribadi masing-masing. So, good luck and happy blogging.

0 Response to "Lebih SEO dan Mudah Full Approve Adsense Menggunakan Template Bawaan Blogger atau Modifikasi?"

Posting Komentar

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di Forum Blogger Indonesia ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel