13 Teknik SEO Terbaru Terbaik 2018-Best SEO Tips

13 Teknik SEO Terbaru 2018 yang Harus Anda Tahu

Jika Anda memiliki situs web yang dirancang secara profesional dan sungguh-sungguh, ada banyak kemungkinan bahwa pengunjung akan mencintai situs Anda. Namun, itu tidak akan ada jaminan blog Anda untuk bisa top rangking lebih tinggi di Google, Yahoo dan Bing, dll.

Oleh karena itu, hari ini dalam artikel ini, SL Blogger akan memberikan 10 teknik SEO terbaru terbaik, dan tentu saja juga menjadi trending SEO untuk meningkatkan peringkat website Anda di tahun 2018 ini.

Sebelum melangkah lebih jauh, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan SEO?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Namun, apa artinya? SEO adalah proses untuk meningkatkan lalu lintas situs Anda untuk membuat website terlihat di Google, Yahoo, dan Bing atau pencari lainnya. Semakin tinggi blog Anda muncul dalam hasil pencarian, maka akan lebih tinggi jumlah pengunjung situs Anda.

Baca juga: 10 Cara Membuat Artikel SEO 2018 Agar Rangking 1 Google

13 Trend SEO Terbaru Terbaik 2018

13 Teknik SEO Terbaru Terbaik 2018-Best SEO Tips
13 Teknik SEO Terbaru Terbaik 2018
Adakah cara terbaik untuk meningkatkan Ranking di Search Engine? Jawabannya tentu saja dengan menggunkan tenik SEO. Adapun teknik lainnya hanya sebagai penunjang teknik SEO ini.

Pada dasarnya, banyak sekali metode yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan peringkat blog Anda di lalu lintas mesin pencari Google, misalnya.

Tiga belas metode berikut ini nantinya akan membantu Anda untuk mengetahui bagaimana tenik terbaik untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di searh engine. Maka segera lakukan beberapa metode teknik SEO terbaru di bawah ini.

1. Halaman judul (page title)

Judul halaman sebaiknya juga merujuk kepada judul situs Anda, atau bisa juga dari setiap laman lain situs blog Anda. Halaman Judul merepresentasikan kepada pengunjung, bahwa judul menjadi gambaran secara keseluruhan atas apa saja yang berada di situs Anda atau halaman blog. Optimasi lainnya juga bisa dilakukan dengan hanya memberikan deskripsi pendek dan relevan. Halaman judul  sebaiknya juga harus menarik serta memuat kata kunci yang telag ditargetkan sebelumnya.

2. Kata kunci (keyword)

Kata kunci adalah bagian sangat penting dari setiap konten tunggal dari blog Anda. Kata kunci akan sangat membantu bila pengguna ingin mendapatkan informasi tentang beberapa hal tertentu. Maka, silakan usahakan untuk selalu melakukan riset keyword untuk laman konten atau dalam proses penentuan niche/topik blog baru Anda.

3. Sitemap

Sitemap memungkinkan webmaster untuk memasukkan informasi tambahan ke URL blog kita. Terlebih lagi apabila Anda melakukan optimasi eksternal link baik link influencer atau pada laman terkait (relevan content), hal itu akan membuat lebih banyak kesempatan untuk mendapatkan Skor yang lebih tinggi di search engine.
"More are the external links on your website, more are the chances to get the higher score in search engines", kata My Blogger Lab, salah seorang desainer template terkenal di dunia (templateism).
Hal ini akan memberikan prosentase lebih bagi mesin pencari untuk menemukan konten dan halaman lain blog Anda dengan cepat.

4. Struktur URL

Url menjadi sebuah kode penting bagi mein pencari. Dengan struktur URL yang mudah dimengerti, kemungkinan besar laman konten blog Anda akan lebih cepat diindeks Google bot sampai akhirnya muncul ke laman pencarian Google. Karena, selain atas apa yang saya sampaikan sebelumnya, peranan URL juga akan memungkinkan pengguna untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Jadi optimasi URL akan memberikan dampak poitif terhadap Anda. Struktur URL blog maupun laman konten yang pendek seperti bisa meningkatkan pengalaman pengguna yang lebih baik. Saran terbaiknya juga selain struktur url pendek, diusahakan juga memuat kata kunci yang ditargetkan.

5. Kualitas konten

Selain mengandalkan kualita konten yang bagus, ternyata pembaharuan konten tersebut jug sangat penting dalam mendapatkan peringkat SEO yang lebih tinggi. Konten yang selalu fresh, keterbaruan, akan menunjukkn blog Anda tetap relevan seuai "zamannya". Jika Anda memiliki situsweb blog, Anda harus posting konten secara teratur untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di search engine.

6. Quality Design (responsive or mobile friendly)

Sekarang, contohnya situs ini, banyak visitor yang berasal dari perangkat Mobile. Itu artinya, di tahun 2018 ini mode mobile friendly menjadi trend blogging saat ini. Maka, usahakan mode tampilan blog Anda Mobile friendly atau responsive desain. Selain daripada itu, ternyata Search Engine juga memberikan  perhatan lebih pada situs yang kompatibilitas terhadap perangkat smartphone/ponsel. Web developer harus memperhitungkan bahwa aplikasi web mereka adalah tetap ramah pengguna.

7. Gunakan ALT tag

Jika situs web memiliki galeri atau banyak foto dan video untuk memuat, Anda harus menggunakan ALT tag untuk menampilkan informasi alternatif atau teks tentang berbabagi konten yang Anda miliki. ALT tag akan membantu mesin pencari untuk mencari halaman Anda secara maksimal.

8. Meta data

Meta deskripsi pada halaman website memberikan lebih banyak pilihan informasi terhadap mesin pencari untuk memberikan gambaran secara keseluruhan halaman blog Anda. Anda dapat menerapkan tiga meta data seperti meta data judul, deskripsi dan kata kunci dalam tag.

Baca juga: Cara Mengatasi Duplikat Title Tag dan Deskripsi di Goolo Console

9. Optimasi ukuran gambar laman

Dianjurkan untuk menggunakan gambar dengan ukuran kecil, sesuai dengan kebutuhan. Selain mempercepat tampilan laman, ternyata cara ini sebagai implementasi point ke-6 khususnya pengoptimalan laman mobile friendly.

10. User Experience

Pengalaman pengguna atau sering disebut User Experince (UX), merupakan istilah penting dalam setiap teknis pembuatan blog/website. Hal ini mencakup seberapa lama pengunjung blog betah di laman artikel Anda. Jadi, blog dengan prinsip user experience akan disukai visitor.

Adakah tips SEO selain 10 hal di atas?

Nih, saya tambahkan lagi.

11. Google Auto Complete and Google Related Search

Metode sederhana dalam melakukan riset keyword dengan berpedoman pada kedua hal, yakni Google Auto Complete dan Related Search ini berdampak bagus pada konten Anda. Bisa tidaknya Anda dalam memaksimalkan hasil keyword research dengan mempertimbangkan hasil penelusuran manusia atas apa yang mereka inginkan dengan taitan terkait atas hal itu, menjadi kunci top rangking halaman pertama alias pejwan.

Oleh karena itu, untuks aat ini, lagi-lagi Google sudah menerapkan model berfikir manusia alias pengguna untuk menentukan top rangking Google. Maka wajar, jika dikatakan, peran robot dianggap tiada, walapun sejatinya masih saja Googlebot yang melakukannya.

12. User Signal dan Turuti Kata Visitor

Poin ini juga tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. Model boounce rate menjadi salah satu pertimbangan Google menentukan kualitas sebuah konten. Besar kecilnya bounce rate ini juga didasarkan pada lama waktu pengguna menikmati sajian konten Anda.

Artinya, semakin bagus kualitas konten Anda, maka semakin lama orang akan menikmati konten tersebut. Sehinga, bounce rate situs Anda akan semakin kecil, dan itu artinya semakin bagus.

Lalu bagaimana cara memperkecil bounce rate?

Ya setidaknya lakukan beberapa hal di bawah ini, jika dirasa upaya Anda sudah maksimal dalam menyajikan konten:
  1. Gunakan video atau atribut penjelas lainnya, yang dengan hal itu bisa memperlama pengunjung membuka laman web Anda
  2. Minimalisir bahasan yang tidak Anda kuasai
  3. Sesuai poin kedua, usahakan membuat konten yang panjang, sehingga visitor akan berlama-lama sampai tuntas menikmati sajian konten Anda
13. Jadilah yang Pertama

Seperti yang saya katakan dalam beberapa artikel cara top rangking Google itu mudah banget. Memang benar demikian? Iya.

Perlu Anda ingat. Walau top rangking 1 Google itu mudah, namun alangkah ruginya jika Anda top rangking namun visitor sedikit. Faham maksud saya?

Nah, ada kalanya juga menjadi penulis pertama dari sebuah informasi "terhot" itu juga menjadi potensi bagus memikat hati Google. Nah, agar konten tersebut tidak bersifat musiman, maka korelasikan dengan konteks saat ini dan menjadi orang pertama yang menulis hal itu.

Demikin sekilas informasi mengenai 13 Teknik SEO Terbaru Terbaik 2018-Best SEO Tips. Bagimana teknik SEO Anda saat ini?

Berlangganan update artikel terbaru via email:

7 Responses to "13 Teknik SEO Terbaru Terbaik 2018-Best SEO Tips"

  1. Mengubah judul dan isi sebuah artikel berpengaruh terhadap SEO nggak min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya bagimana mas? Mengubah judul untuk artikel yang sudaha diupload, atau bagaimana?

      Hapus
  2. Ternyata ini informasi yang saya tunggu-tunggu. Terimakasih Mas, di blog ini ulasannya jelas dan mencerdaskan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga Saya bisa memberikan informasi yang lebih banyak lagi mas. Salam sukses

      Hapus
  3. Jika suatu artikel mengikuti kaidah dari 13 poin di atas, pasti joss ini.Salam kenal gan

    BalasHapus

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di Forum Blogger Indonesia ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel