14 Tips Cara Memilih Theme Wordpress yang Tepat dan Benar untuk Blog Anda

Tips Cara Memilih Tema di WordPress yang Benar - Bagi sebagian orang, bisa menentukan theme website adalah sebuah kebanggan. Bagaimana tidak? Saking begitu banyaknya theme wordpress gratis maupun berbayar, membuat para blogger kebingungan mau memilih template idaman.

Pilih tampilan wordpress ini, ternyata ada yang tidah cocok. Pilih model design itu, masih saja gak sesuai selera.

Nah, dalam kesempatan ini mari kita coba berikan beberapa saran, panduan dan tips sederhana cara menentukan dan memilih serta mengganti themes wordpress yang baik dan cocok bagi blog Anda.

Baca juga: Dampak Positif dan Negatif Ganti Theme Wordpress

Tips Memilih Theme WordPress untuk Blog Anda

Tips Cara Memilih Theme Wordpress yang Tepat dan Benar untuk Blog Anda

Tips 1# Sesuaikan Theme dengan Topik Website Anda

Sebelum memilih dan menentukan pilihan theme yang akan digunakan, ada baiknya Anda sesuaikan dengan topik niche website yang telah dibuat. Kebanyakan para blogger tidak memperhatikan hal ini. theme wordpress sekarang ini tampilannya sangatlah menarik dan full responsive menyesuaikan dengan pengguna layar.

Mode desain kenampakan tampilan theme wordpress pada umumnya sesuai kategori blog, contohnya seperti personal blogging, magazine, jual beli online (online shop) yang lebih dikenal dengan eCommerce. Pada intinya, jenis tampilan topik website menjadi inti pertama kali yang digunakan acuan dalam proses pemilihan theme wordpress.

Tips 2# Sesuaikan dengan Fitur dan Kebutuhan Anda

Tidak sedikit pula, banyak blogger yang serampangan memilih theme. Asal lihat ok, langsung pilih aja. Padahal, dengan memeperhatikan tips pertama di atas, setidaknya kita tahu kebutuhan fitur yang ada di theme nantinya juga sangat penting.

Sebagai contoh, jika Anda mempunyai website jual beli, ada baiknya Anda memilih theme yang bisa diinstall plugin pembayaran otomatis (keranjang pemesanan-bahasa gampangnya). Sangat berbeda pula theme model blog pribadi dengan institusi semisal Sekolah. Silakan bijak dalam menentukan pilihan fitur dan pola pengembangan selanjutnya.

Tips 3# Pilih Penyedia Theme yang Selalu diperbarui/Update

Tips ke empat ini saya kira juga jarang sekali diperhatikan, baik pecinta blog dengan platform blogspot maupun wordpress self hosting. Ada baiknya ketika menentukan theme/template blog usahakan yang selalui diperbarui oleh sang desainernya. Dengan pola selalu update, setidaknya Anda tidak perlu repot-repot melakukan perbaikan pada setiap kesalahan error yang Anda. Cukup dengan melihat notifikasi yang ada, Anda bisa secara langsung melalukan pembaruan fitur yang ada di website Anda.

Tips 4# Sesuaikan Budget Kantong Anda

Jika Anda berniat membeli template premium, sebaiknya memperhatikan tips sebelumnya di atas. Ketersediaan dana yang cukup untuk membangun webush web yang bagus, menjadi salah satu faktor kesusksesan Anda ke depannaya, termasuk dalam menentukan pilihan harga theme.

Ingat, ada harga ada kualitas, dan itu benar adanya. Namun sesuai dengan pengalaman saya, theme berharga mahal belum tentu mempunyai keunggulan di bandingkan dengan yang harganya murah. Kembali pada faktor reputasi sang desainer. Kalau boleh saya sarankan, silakan pilih desainer yang sudah terkenal dan mumpuni di bidangnya.

Tips 5# Pilih Theme yang SEO friendly

Hal ini sering kali saya tegaskan dalam beberapa diskusi dengan kawan-kawan blogger di Forum Blogger Indonesia. Salah satu faktor penentu trafik tinggi website Anda adalah melalui template dan theme yang Anda gunakan. Semakin user friendly (fast loading, SEO dan srcanable for seacrh engine, responsive/mobile friendly), semakin cinta Google terhadap blog Anda.

Tips 6# Pilih Sistem Garansi Life Time

Jika Anda menentukan template blog Anda, ada baiknya untuk memperhatikan fitur layanan, termasuk sistem garansi yang akan diberikan. Misalkan saja, ada penyedia theme premium yang bisa memberikan garansi life time, itu lebih baik.

Tips 7# Adakah Tutorial di dalam Paket Pembelian Theme?

Nah, jangan lupa untuk menanyakan terlebih dahulu tutorial pemasangannya. Jangan sampai Anda beli tema blog, namun endingnya tidak tahu cara pemasangan dan setting fiturnya. Rugi beratkan?

Cara Memilih Theme Gratisan Hasil Download

Setidaknya itulah beberapa tips memilih theme wordpress yang baik dan cocok dengan situs Anda. Untuk selanjutnya, ada sedikit saran tambahan bagi Anda, yakni cara memilih theme gratisan hasil download:
  1. Silakan pilih yang benar-benar aman, tidak ada virus di dalamnya
  2. Jangan pilih theme yang berukuran besar. Hal ini akan berdampak pada lemotnya website Anda
  3. Pilih theme gratis namun memiliki spesifikasi/fitur yang lebih baik di bandingkan yang lain
  4. Pilih yang selalu bisa dimodifikasi sesuai dengan keinginan
  5. Pilih theme yang simpel dan mudah pengaturannya. Jangan sampai Anda mengalami kesulitan setting theme yang sudad didonwload
  6. Pilih yang support untuk banyak browser
  7. etc
Setidaknya itulah beberapa Tips Jitu Cara Memilih Theme Wordpress Yang Paling Tepat. Semoga bermanfaat, salam sukses buat kita bersama.

0 Response to "14 Tips Cara Memilih Theme Wordpress yang Tepat dan Benar untuk Blog Anda"

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel