5 Cara Mempercepat Loading Blog Wordpress dengan Mudah

Bisa menerapkan cara mempercepat loading situs wordpress memang membuat hati terasa lega. Betapa tidak? Secara gitu, banyak coding yang berkenaan dengan website wordpress selft hosting. Selain daripada itu, kita juga berhubungan dengan berbagai plugin yang terkoneksi di cpanel.

Walaupun demikian, membuat blog fast loading wajib dilakukan, tidak boleh tidak. Hal ini menjadi alasan sederhana bagi Google untuk memberikan penilian rapor buruk bagi setiap website yang lelet alias lemot.

Maka dari itu, cara membuat website wordpress fast loading kali ini menjadi sebuah tips blogging dengan sarat makna dan tujuan yang elok untuk Anda baca.

Baca juga: Dampak Positif dan Negatif Ganti Theme Wordpress

5 Cara Mempercepat Loading Blog Wordpress dengan Mudah

Cara Mempercepat Loading Blog Wordpress dengan Mudah

Berikut ini adalah cara mudah membuat fast loading blog wordpress selft hosting:

1. Pilih hosting terbaik dan recommended

Gunakan layanan hosting terbaik untuk website WordPress Anda, karena jika Anda menggunakan hosting yang bagus, tentunya kecepatan website Anda di akses dari negara mana saja akan tetap memberikan loading yang cepat

2. Gunakan Plugin untuk Cache 

Untuk urusan yang satu ini, Anda bisa menggunakan plugin W3 Total Cache atau Wp Super Cache, dengan plugin tersebut setifdaknya kecepatan blog wordpress Anda secara otomatis akan menjadi lebih cepat.

3. Optimasikan Image Thumbnail dan Featured

Jangan terlalu menggunakan ukuran gambar dan file yang terlalu besar dalam artikel Anda. Jika "kepepet" demikian, maka silakan gunakan plugin image optimize. Beberapa contoh plugin yang saya rekomendasikan dengan ukuran yang tidak terlalu besar adalah WP SmushIt.

4. Kelola Data Base Anda secara maksimal

Pola penyimbapanan blog wordpress selft hosting berbeda dengan blogspot walaupun sama-sama sudah TLD (top level domain). Bagi wesbite wordress.org, Anda harus bisa mengelola managemen data base yang Anda sewa. Jangan membebani data base secara berlebihan yang tentu saja akan berakibat lemotnya blog wordpress Anda.

Untuk melakukan ini Anda bisa menggunakan plugin WP-Optimize. Plugin ini memungkinkan Anda melakukan hanya satu tugas sederhana: mengoptimalkan database Anda (spam, pasca revisi, draft, tabel, dll) untuk mengurangi overhead pada database wordpress anda.

5. Maksimalkan Halaman Homepage Anda

Untuk melakukan hal itu, silakan ikuti petunjuk di bawah ini:
  • Buat homapage hanya menampilkan kutipan saja bukannya posting model penuh
  • Buat halaman depan hanya terdiri beberapa artikel (saran saya maksimal 9 post)
  • Hapus widget yang tidak terlalu penting
  • Hapus plugin yang sudah tidak digunakan
Demikian sekelumit tips cara menjadikan blog wordpress selft hosting Anda fast loading. Semoga bermanfaat, salam blogging.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Cara Mempercepat Loading Blog Wordpress dengan Mudah"

Posting Komentar

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di Forum Blogger Indonesia ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel