Pengertian Website, Jenis dan Manfaatnya

Pengertian Website, Jenis dan Manfaatnya
Melalui artikel ini kami akan menjelaskan pengertian website secara lengkap beserta hal-hal yang berkaitan dengan website seperti jenis-jenis website dan manfaatnya. Selain itu, pada bagian akhir kami akan membagikan bagaimana cara membuat website dengan mudah.

Definisi dan Pengertian Website secara Utuh dan Lengkap

Website adalah sebuah kumpulan dari halaman web yang saling berkaitan dan bisa diakses melalui home page (halaman depan) menggunakan sebuah browser, seperti Opera Mini, Mozila Firefox dll.

Misalkan saja, untuk alamat website Forum Blogger Indonesia ini adalah https://www.forumblogindo.com/, jika diakses maka akan tampil home page seperti gambar di bawah.
Pengertian Website, Blog , Jenis dan Manfaatnya
Kenampakan website Forum Blogger Indonesia
Jika Anda perhatikan dengan seksama, pada bagian atas ada background tulisan Forum Blogger Indonesia, hal itulah yang dinakan dengan header (judul blog). Untuk bagian kanannya merupakan ruang space iklan yang "disewa" oleh seseoragn guna menampilkan homepage wesbite mereka.

Adapun pengertian menu halaman website adalah bagian ketika diklik akan mengarah ke halaman tertentut baru berisi informasi yang berbeda dengan home page. Di bagian bawahnya merukan kenampakan iklan Google AdSense yang saat ini menjadi salah satu program Google yang memberikan pendapatan uang tinggi dari blog dan website.

Di bawah menu navigasi dan iklan adsense, adalah sebuah isi artikel dari website tersebut. Kenampakan teratas, merepresentasikan artikel terbaru yang telah publish oleh admin pengelola website tersebut.

Di bagian kanan, Anda bisa melihat tulisan berwarna biru dengan redaksi Tutorial Lengkap Cara SEO Install Website Wordpress Self Hosting untuk Pemula, serta berjejer di bawahnya. Nah, bagian inilah yang dinamakan sidebar. Sidebar ini juga akan di crawling oleh Google Boot, dan itu merupakan hal yang penting untuk optimasi SEO nya.

Sejarah Website

Adapun wesbite pertama kali yang dibuat adalah CERN oleh Tim Berners-Lee dan telah eksis online pada tahun 1991.

Misi awal dari Berners-Lee adalah agar lebih melakukan pertukaran informasi antar sesama pegawai yang bekerja pada perusahaan tersebut.

Jika Anda ingin mengetahui seperti apa tampilannya, silakan akses tautan berikut http://info.cern.ch/. Pada saat itu, website mulai dapat digunakan secara gratis oleh publik baru diumumkan oleh CERN tepatnya tanggal 30 April 1993.

Pada umumnya sebuah website akan menampilkan informasi atau satu topik tertentu, meskipun saat ini banyak website yang menampilkan berbagai informasi dengan topik yang berbeda. Website dapat dimiliki oleh individu, organisasi, atau perusahaan. 

Cara Membuka Website

Untuk dapat membuka website diperlukan sebuah browser seperti Firefox, Edge, Safari atau Chrome. Contohnya adalah yang saat ini sedang Anda lakukan, yaitu membuka website Niagahoster melalui browser.

Untuk dapat membuka blog atau website dengan memasukkan URL di kolom browser.

Sebagai contoh, silakan ketikkan URL https://www.forumblogindo.com/ di kolom browser, kemudian akan tampil halaman depan atau home page dari website Niagahoster.

Selain daripada itu, website juga dapat diakses dengan mencari kata kunci tertentu di mesin pencari seperti Google. Misalnya Anda mengetikkan kata kunci “teknik SEO terbaik 2018” di Google, kemudian memilih salah satu website yang tampil di hasil pencarian.

Nah, pola itulah sebenarnya yang mesti Anda fahami dengan baik. Sejauh Anda bisa memahami tata kelola antar muka di laman Google tadi, maka sejatinya sedikit banyak Anda akan tahu metode mengejar nomor satu halaman pertama Google.

Contoh kenampakan keyword tutorial seo terbaru terbaik lengkap 2018

Macam-macam Website


Secara garis besar, tujuan utama keberadaan website adalah untuk memberikan informasi kepada orang lain, lebih tepatnya saat ini adalah khalayak orang banyak. Dia awal pembuatannya (jaman old) informasi yang ditampilkan pada website hanya berupa tulisan.

Berbeda sekali dengan jaman now seperti sekarang ini. Berbagai macam bentuk informasi mulai dari tulisan, gambar, video maupun suara; atau perpaduan semuanya, bisa kita nikmati dengan mudah. Kita bisa mengakses semuanya dengan nyaman dan mudah.

Dalam perjalannya, website dibedakan menjadi beberapa macam, diantaranya:

1. Personal Blog (Blog pribadi)

Seperti yang Anda baca kali ini, blog ulasan SEO dan tips Adsense ini merupakan blog pribadi dengan topik seputar blogging. Untuk serkaran ini sudah ada macam-macam layanan yang dapat Anda gunakan untuk membuat personal website, dari premium dan gratisan.

Untuk website/blog gratisan, Anda dapat memilikinya dengan mendaftar di www.blogger.com atau di www.wordpress.com. Kedua platform tersebut merupakan media blogging gratisan yang populer di dunia. Keduanya mempunyai fitur gratis yang bisa Anda gunakan untuk membuat sebuah blog.

Jika Anda menggunakan platform blogger misalnya, alamat url blog Anda akan seperti format www.namabloganda.blogspot.com. Adanya penambahan blogspot di dalam alamat url blog Anda merupakan merupakan konsekuensi penggabungan menggunakan paltform blogger. Hal ini juga berlaku pada wordpress.com.

Berbeda halnya apabila Anda menggunakan blog gratisan, kemudian dilakukan custom domain, maka Anda bisa bebas menggunakan format seperti blog ini, misalnya www.wartasragen.com. 

2. Website Toko Online

Seperti apa yang saya sampaikan di atas, penggunaan website mulai berkembang menjadi sebuah sarana mempermudah prosesi jual beli. Website inilah yang sering kali kita kenal sebagai "lapak jual beli onlie", e-Commerce dll. Nah, bagi Anda yang ingin membuat sebuah website untuk proses jual beli online seperti Lazada, Bukalapak, Bhineka dll.

Cara Membuat Website dengan Mudah

Jika Anda ingin segera membuat website atau blog gratisan atau premium berbayar, entah menggunakan blogspot atau wprdress self hosting, silakan saja belajar dengan baik. Untuk blog gratisan menggunakan wordpress.com atau blogger.com, Anda hanya perlu langsung mengunjungi alamat tersebut dan mengisi sesuai arahan form yang ada.


Untuk website dengan domain dan hosting berbayar menggunakan wordpress.org, silakan buka penjelasan artikel sebelumnya.

Demikian sekilas informasi mengenai Pengertian Website, Blog , Jenis dan Manfaatnya. Semoga bermanfaat, salam.

0 Response to "Pengertian Website, Jenis dan Manfaatnya "

Posting Komentar

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di Forum Blogger Indonesia ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel