Ciri Backlink Berkualitas SEO Terbaik untuk SERP Blog Anda

Ciri Backlink Berkualitas SEO Terbaik untuk SERP Blog Anda
Kriteria Backlink Berkualitas SEO Terbaik
Kriteria Backlink Berkualitas SEO Terbaik untuk SERP Blog Anda

Jika Anda percaya bahwa backlink mampu meningkatkan posisi blog Anda di SERP, maka silakan dapatkan backlink berkualitas terbaik saat ini. Tidak sekedar backlink "low profil", namun silakan cari backlink natural berkualitas tinggi.

Dari banyak situs dan sumber informasi dari kawan-kawan, dikatakan bahwa backlink berkualitas sangat dibutuhkan untuk Optimasi SEO, khususnya SEO off-page, yaitu optimasi yang dilakukan dari luar situs yang bersangkutan untuk meningkatkan SERP (search engine results page).

Kenapa dikatakan demikian? Karena pada dasarnya ketika melakukan optimasi SEO off-page kerap kali berhubungan erat dengan backlink.

Perlu disadari pula, bahwa update algoritma Google membuat para pemilik website untuk semakin waspada dan melakukan telaah secara tepat. Tidak sekedar mengandalkan trafik websitenya dari mesin pencari, namun perlu terus belajar mencari model optimasi yang cocok dan relevan supaya mampu meningkatkan rangking website Anda di posisi yang lebih baik pada halaman pencarian.
Berbagai macam ciri dan kriteria backlink yang menggunakan bantuan tools atau automatic software sudah banyak ditinggalkan. Alasannya sederhana saja, berdasarkan pengalaman dan study kasus, sumber bakclink generator walaupun bisa meningkatkan rangking blog Anda, namun metode ini sangat rawan terdeteksi algoritma Google Penguin sebagai spamming yang bisa berdampak fatal, yakni penurunan rangking di SERP. Parahnya, bisa saja menyasar pada semua keyword sampai dengan penalty hingga deindex.
Atas klausul tersebut, dan tentunya untuk meminimalisasi amukan Google Penguin, banyak webmaster yang beralih dari model backlink massal dengan kealitas rendah (low quality link) ke backlink manual dengan backlink berkualitas (high quality links).

Namun problemnya, sedikit yang tahu bagaimana sebenarnya ciri dan kriteria backlink yang dianggap berkualitas di mata Google dan dimana mencari sumber backlink gratis tersebut. Terutama bagi mereka yang baru masuk ke dalam dunia internet marketing dan masih awam dalam masalah SEO.

Oleh karena itulah, dalam kesempatan ini akan saya coba berikan gambaran ciri kriteria backlink berkualitas SEO terbaik badi website Anda.

Ciri Backlink Berkualitas SEO Terbaik untuk SERP Blog Anda

1. Tingkat Relevansi

Backlink yang bagus mempunyai relevansi yang tinggi bagi blog Anda. Alasannya karena backlink jenis ini akan dinilai alami, natural bagi mesin pencari. Dari parameter tingkat user experience (UX), backlink di blog yang relevan juga tidak membuat risih pengunjung, bahkan sangat mungkin memperoleh prosentase klik lebih tinggi. Jika sudah demikian, bukan tidak mungkin hal itu akan meningkatkan trafik web Anda.

Berbicara masalah relevansi, tidak sekedar kita katakan secara umum yang menyasar pada topik sumber backlink, namun bisa juga beda topik, namun konten yang mengarahkan backlink tersebut mempunyai kesamaan bahasan pada satu artikel tersebut.

Misalkan saja, ada salah satu website yang mempunyai banyak topik bahasan, namun suatu ketika ada satu saja konten yang bahasannya sama dengan web Anda. Akhirnya, bukan tidak mungkin hal itu juga bisa menjadi sumber backlink natural berkualitas SEO.

Namun, alangkah lebih bagus lagi jika sumber backlink secara utuh adalah website yang mempunyai kesamaan bahasan topik dengan blog Anda.

2. Berasal dari Artikel atau Konten Utama

Melanjutkan bahasan ciri backlink berkualitas yang pertama di atas, saya katakan bahwa ada kemungkina backlink berasal dari blog "gado-gado" namun sumbernya dari artikel yang relevan dengan bahasan Anda.

Maksudnya, keberadaan link yang mengarah pada web Anda ini pastinya juga akan mempunyai relevansi sama dengan blog Anda. Hal ini secara kasat mata bisa ditebak, pasti kualitasnya lebih bagus daripada Saya misalnya, memasang satu link yang mengarah ke web lain namun bahasannya berbeda.

Itulah alasannya, kenapa model backlink jenis Contextual Links ini juga sangat bagus bagi perkembangan SEO off-page blog Anda.

Kalau Anda ingin membuat Link Juice terhadap situs utama, setidaknya lakukan pula optimasi image dengan memaksimalkan keberadaan ALT Tag pada gambar. Hal ini laiknya link yang pengganti anchor text.


3. Berasal dari Web Berkualitas (High PA DA)

Poin pertama dan kedua di atas tentu saja harus berasal dari website berkualitas bagus. Diakui atau tidak, backlink yang berasal dari website dengan traffik tinggi cenderung mempunyai probabilitas tinggi pula untuk memperoleh jumlah klik lebih besar.

Saat ini Google memberikan reward pada website yang mempunyai authority dan trusted nya tinggi dengan DA PA (Domain Authority dan Page Authority). Semakin tinggi PA dan DA, semakin tinggi authority nya. Maka, backlink yang berasal dari domain dengan DA PA tinggi pun tentunya punya kualitas yang lebih bagus dari pada backlink dari situs dengan DA PA yang rendah.

Keberadaan DA PA (Domain Authority dan Page Authority) sebenarnya sebagai pengganti dari Pagerank. Karena pagerank sudah tidak update lagi sejak tahun 2012, maka penilaian Authority web bisa memakai alternative DA PA (Domain Authority dan Page Authority) dari Moz. Metric TF (Trust Flow) dari Majestic SEO pun juga bisa Anda gunakan. Patokan nilai yang digunakan algoritma Moz dan Majestic ini dalam mengukur authority suatu web tetap sama, semakin tinggi nilainya semakin bagus.

4. Umur Domain

Melihat parameter kualitas backlink dari parameter umur domain tidak akan lepas dari kualitas linknya itu sendiri. Karena rata-rata, keberadaan blog terbaik akan sebanding dengan umur domain. Semakin lama umur domain sebuah website, semakin tinggi pula kualitasnya (jika kita menganggap kualitas konten dll setara).

Namun hal itu tidak juga menjadi patokan utama, karena prasyarat terpentingnya adalah umur domain yang lama dengan kualitas konten yang bagus, dan tentu saja trafiknya tinggi. Setidaknya memperoleh backlink dari domain dengan jenis ini saya rasa lebih aman dari pada mendapatkan backlink dari website-website anyar dengan index yang belum stabil.

Keunggulan lain dari website dengan domain yang sudah lama, umumnya akan terindex lebih cepat dibandingkan dengan blog baru. Anda bisa membuktikan hal ini jika sudah mempunyai banyak website dengan rataan umur domain berbeda.

Melihat begitu tingginya manfaat memperoleh backlink dari web yang berumur lebih lama, saat ini masih banyak para blogger menggunakan peluang tsb guna membangun PBN alias blog network pribadi.

Sedikit saran saja bagi Anda. Mengulang kembali perkataan di atas, web dengan age domain tidak serta merta bagus bagi blog Anda, jika memang kualitasnya rendah. Maka, silakan selektif dengan memperhatikan poin ke 3 dari bahasan ini.

Saya sarankan Anda jangan asal membeli domain aged tanpa melakukan check and balance. Cek terlebih dahulu histori webnya, mulai dari tampilan halaman (bisa menggunakan Web Archive) sampai histori backlink nya (bisa menggunakan Ahrefs). Pastikan web tersebut tidak pernah mendapatkan pinalty oleh Google atau mesin pencari lainnya.

Ada pula yang mengatakan, bahwa bakclink yang berasal dari ekstensi .gov dan .edu kualitasnya bagus. Benar tidaknya, silakan dicoba njeh.

5. Mempunyai Link Keluar Lebih Sedikit (Low Outbound Links)

Berbicara outbound link, maka sebenarnya kita membahas eksternal link alias Link Juice. Sepertihalnya sebuah kompetisi, semakin banyak Anda mengirimkan personil dengan jumlah cabang perlombaan yang konstan, maka semakin sedikit tingkat konsentrasi Anda mengurusi semuanya.

Kenapa demikian? Karena dengan jumlah personil yang Anda kirimkan, secara otomatis tingkat pengelolaan terhadap fokus per orang akan lebih besar. Itu artinya, fikiran Anda akan terpecah pada beberapa komponen.

Alangkah cerdasnya manaka kala Anda hanya mengirimkan beberapa personil, namun benar-benar bisa Anda binbing secara maksimal. Saya kira metode ini yang lebih besar prosentase keberhasilannya.

Sama halnya seperti mendapatkan backlink, metode outbound link yang terlalu banyak juga akan mengurangi efektivitas backlink tersebut. Hal itu dikarenakan jumlah backlink tadi harus dibagi-bagi dengan link-link yang lain di dalam satu halaman yang sama. 

Faham yang saya maksudkan?

Itulah alasannya backlink yang di dapat dari low outbound links jauh lebih mantab karena Link Juice nya langsung masuk ke website Anda tanpa terlalu banyak terbagi-bagi ke link lain.

Sedikit saran juga, pola penempatan link di awal permulaan artikel lebih baik dibandingkan lokasi lainnya. Alasannya karena pada permulaan artikel akan lebih scrannable dibandingkan dengan posisi lainnya.

6. Dofollow Backlink

Berdasarkan apa yang saya tau, makna Dofollow adalah link yang dihitung Google sebagai sebuah ‘vote’ untuk website Anda, sedangkan nofollow tidak. Kalau diibaratkan, hal ini sama seperti sebuah ajang Indonesian Idol. Siapa yang mendapatkan "vote" lebih tinggi, maka dia akan menjadi juara Indonesia Idol 2018 ini.

Jadi, kalau Anda mendapatkan banyak backlink berkualitas dengan 5 kriteria diatas namun link nya ternyata bukan dofollow, maka bisa dikatakan tidak akan terlalu berdampak bagi perkembangan blog Anda.

7. Hindari Link Exchange

Jika Anda biasa nimbrung di Forum Blogger melalui media sosial, akan banyak sekali perbincangan masalah blogging. Salah satu topik diskusi yang muncul adalah mengajak melakukan tukar menukar link melalui blog walking atau sejenisnya.

Pola tukar menukar link dengan tujuan memperoleh backlink dari sesama memang ada baiknya, karena sangat efektif dan tentu kita bisa lebih selektif menyesuaikan relevansi topik blog yang kita miliki.

Namun sayangnya, saking banyaknya yang menyalahgunakan metode link exchange ini, algoritma Google yang sekarang, hasil reciprocal link semacam ini nilainya sudah tidak begitu kompetitif dengan metode lainnya.

Kesimpulan

Setidaknya itulah beberapa ciri dan cara mendapatkan backlink berkualitas terbaik untuk SEO website Anda. Dengan memperhatikan tujuh kriteria di atas dalam mencari backlink, setidaknya situs Anda akan memiliki jumlah prosentase lebih tinggi mudah bersaing di SERP.

Anda bisa memberikan amunisi tambahan dengan marketing melalui media sosial. Meskipun link yang dihasilkan dari social media kebanyakan adalah nofollow, tapi backlink jenis ini juga cukup bermanfaat karena mendatangkan trafik dan bisa menimbulkan efek viral. Yang perlu Anda lakukan adalah menerapkan pola di atas, cara membangun backlink yang benar untuk SEO. Semoga bermanfaat, salam.

0 Response to "Ciri Backlink Berkualitas SEO Terbaik untuk SERP Blog Anda"

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel