4 Antisipasi Update Algorima Google Terbaru Mei 2018 [Bocoran Lengkap dari Google]

Cara 4 Antisipasi Update Algorima Google Terbaru Mei 2018 [Bocoran Lengkap dari Google]
Jika Anda sudah membaca cara mengatasi Algortima Core yang saya tulis beberapa saat lalu, setidaknya hal itu akan membantu mendapatkan cara terbaik informasi pagi ini.

Perlu Anda pahami kembali, sejak awal bulan Maret kemarin, banyak sekali rumor dan fakat di lapangan, dampak keberadaan update algortima Google yang begitu "menohok" para blogger di seantero Indonesia bahkan di seluruh dunia.

Bagaimana tidak?

Cuma butuh beberapa jam saja, sebuah website yang awalnya top rangking Google bisa sekejap mata terjun bebas terlempar dari papan atas hasil pencarian.

Fakta tersebut tidak saja membuat geram dan "drop" para blogger, dipungkiri atau tidak.

Lalu sebenarnya apa yang bisa kita dapatkan dari fenomena tersebut?

Jelas sekali, bahwa dengan melihat beberapa konten yang awalnya berada di rangking satu Google dalam kurun waktu yang lama, namun tiba-tiba bisa terlempar di halaman kedua, bahkan sampai deindex, bisa dipastikan hal itu karena adanya pola perubahan skema penilaian Google khususnya.

Nah, hal semacam inilah yang sering kali Anda abaikan. Metode evaluasi atas apa yang selama ini Anda lakukan dalam optimasi website, ternyata benar-benar banyak manfaatnya.

Kembali pada poin pembahasan ini.

Jika saya tuliskan kedalam simpulan atas apa yang terjadi dengan adanya update algoritma Google, maka setidaknya ada 4 (empat) hal yang harus Anda sikapi:
  1. Kualitas konten
  2. Mobile Friendly/responsive design
  3. Tingkat relevansi konten
  4. DA dan PA (pagerank)
Ke empat hal di atas selain sebagai dampak yang dilakukan, juga menjadi mode solusi yang bisa Anda lakukan.

4 Cara Mengatasi Update Algorima Google Terbaru Mei 2018

Sesuai dengan apa yang saya tuliskan di atas, setidaknya ada empat hal yang harus Anda perhatikan dalam mengantisipasi update algoerima Google terbaru saat ini.

Tips 1# Perbaiki Kualitas Konten

Poin kualitas konten jelas menjadi faktor terpenting. Jika Anda terbiasa melakukan copas artikel, maka bisa jadi akan terkena imbasnya, walaupun konten Anda lainnya hasil tulisan unik Anda sendiri.

Kebiasaan spin article yang selama ini Anda lakukan bukan tidak mungkin alias "pasti" akan terkena dampaknya; entah sudah Anda alamai di bulan Maret sampai Mei ini, atau tunggu saja dampaknya di bulan mendatang.

Dalam dunia SEO, problem update Algortima Google yang menyasar pada pola spin artikel ini dinamakan Algoritma BRACKETS. Targetnya tidak lain jelas pada web yang isi kontennya hasil spin mesin atau manual copas. Jadi, silakan saja perhatikan trafik website Anda di bulan April 2017-April 2018 tahun depan.

Berikut ini adalah beberapa 4 ciri konten berkualitas Google:
  1. High level of Expertise, Authoritativeness, and Trustworthiness (E­A­T), including the E­A­T of the publisher and/or individual author for news articles and information pages on YMYL topics.
  2. A satisfying amount of high quality MC.
  3. Satisfying website information and/or information about who is responsible for the website or satisfying customer service information, if the page is primarily for shopping or includes financial transactions.
  4. Positive website reputation for a website that is responsible for the MC on the page.


Menggunakan desain tampilan mobile friendly bagi website Anda adalah hal wajib. Sebenarnya, sudah sejak tahun 2016 lalu, saya sudah katakan bahwa keberadaan algoritma MobileGeddon menjadi signal warning bagi kita semua.

Nah, tidak sekedar pola tampilan saja yang diharapkan dalam poin ini, namun juga mode keramahan dan kemudahan pengguna (user friendly) menjadi acuan utamanya.

Kecepatan loading, kerapian konten, pola font dan warna teks dll adalah indikasi penting poin user friendly.

Google merekomendasikan konten paruh atas (sebelum layar digeser ke bawah) itu bisa dimuat dalam waktu 3 detik. Untuk para pemilik website yang halamannya berat dimuat di perangkat mobile, ada baiknya mengecek penggunaan javascript dan CSS di halaman web tersebut.

Tips 3# Perhatikan Relevansi Konten Anda

Relevansi menjadi bagian utama dalam kualitas konten. Itu artinya, point relevansi konten merupakan struktur penting dalam membuat artikel berkualitas. Perbaiki mindset berfikir Anda mengenai RANKBRAIN .
Ketika Google menemukan hasil pencarian yang memberikan persentase kepuasan penguna yang lebih baik dari website kita. Tinggal menunggu waktu saja website kita akan disingkirkan oleh website lain ini.
So, jika Anda tidak ingin gigit jari gara-gara terdepak dari top rangking Google, silakan perhatikan kepuasan pengunjung Anda.

Tips 4# Perbaikai DA dan PA Website Anda

Walaupun Pagerank sudah tidak lagi diupate lagi, namun Domain Authority dan Page Authority menjadi sebuah rapor website Anda. Pola SEO offpage dan SEO onpage harus Anda terapkan dengan baik. Dipadukan dengan poin pertama hingga ketiga, setidaknya akan sangat membantu poin terakhir ini.

Saya kira demikian sekilas informasi mengenai 4 Antisipasi Update Algorima Google Terbaru Mei 2018 [Bocoran Lengkap dari Google]. Semoga menjadi cara ampuh Anda dalam menanggulangi update algortima Google terbaru ini.

Untuk mendapatkan informasi lengkap dari Google terkait hal ini, silakan unduh Google Search Quality Evaluator Guidelines March 2017. Semoga bermanfaat, selamat menjalankan Puasa Ramadhan 1439 H/2018 bagi yang menjalankan, salam (www.forumblogindo.com).

0 Response to "4 Antisipasi Update Algorima Google Terbaru Mei 2018 [Bocoran Lengkap dari Google]"

Posting Komentar

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di Forum Blogger Indonesia ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger