Cara Kerja Algortima Google RankBrain dan Optimasinya

Cara Kerja Algortima Google RankBrain dan Optimasinya
Source image: zerogravitymarketing.com
RankBrain Google - Algortima Google ini launching secara resmi oleh Google pada awal tahun 2015. Anda dapat melihat dan mencermatinya kembali tayangan wawancara Bloomberg soal RankBrain dengan pihak Google . Pihak Google memberitahukan bahwa RankBrain ini menjadi salsah satu fator penentu ranking terpenting ketiga, yang dapat memengaruhi top rangking Google.

RankBrain merupakan sebuah robot penilai value kecerdasan buatan yang memberikan hasil penilainnya kepada Google untuk menentukan proses rangking hasil penelusuran search engine. Secara sederhana, fokus kinerja RankBrain dengan cara mengukur tingkat interaksi antar para pengguna di hasil penelusuran, baru setelahnya menentukan ranking dari berbagai halaman yang ada.

Dalam perspektif yang lebih mudah difahami, RankBrain fokus pada dua hal utama berikut:
  1. Seberapa lama seorang pengguna interner menghabiskan waktu di page Anda
  2. Berapa prosentase jumlah klik visitor pada hasil pencarian laman wesbite Anda
Berdasarkan dua parameter RankBrain tersebut, saya akan coba mengulasnya dengan konsep yang lebih sederhana agar Anda bisa dapat memaksimalkan metode optimasi blog secara tepat dan jitu guna memperoleh halaman pertama Google/page one (pejwan).

2 Fokus Kinerja Terpenting Algortima Google RankBrain

Fator Utama RainkBrain Pertama # Dwell Time

Ditinjau dari pengertiannya, dwelling time adalah lamanya waktu seluruh proses mulai dari bongkar muat barang hingga barang keluar dari pelabuhan. Istilah ini sering kali digunakan dalam proses perdagangan. Namun, dalam bahasa blogging, dwell time merupakan proses terbukanya sampai beralihnya sebuah laman website oleh pengguna. Jadi, secara sederhana, dwell time blogging ini dimulai saat visitor Anda membuka laman konten Anda, sampai membaca dan menikmati konten yang ada.

Sedangkan rasio pentalan terbukanya laman tersebut dinamakan bounce rate. Semakin kecil nilai bounce rate blog Anda, berarti semakin besar nilai DwellTime website Anda, dan itu semakin bagus untuk menjadi rangking Google.
Oleh karena itu, Dwell Time akan menjadi faktor pertama yang perlu Anda perhatikan. Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan oleh Search Engine Land , Dwell Time rata-rata yang bagus agar masuk ke 10 besar hasil pencarian Google adalah 3 menit 10 detik.
Lalu bagaimana cara mengetahui besarnya Dwell Time blog kita? Anda melakukan peninjauan di Google Analytics.
Teori sederhananya, semakin tinggi seorang pembaca di dalam "sebuah laman", maka bisa dikatakan orang tersebut merasa puas dan betah terhadap apa yang ia dapatkan. Hal itulah yang menjadi parameter Google untuk menentukan kualitas artikel.

Maka, semakin banyak orang yang melakukan hal sama di halaman blog Anda, maka Google akan menaikkan ranking kontennya sehingga dapat lebih mudah dicari oleh orang lainnya.

Untuk pembahasan selanjutnya dan menjadi pertanyaan Anda sekalian, bagaimana membuat pengunjung betah di blog kita?

Secara teori, sebenarnya sederhana, yakni kembali pada masalah kepuasan pengguna. Berbicara kepuasan pengguna internet sebagai seorang penikmat sebuah website untuk memperoleh informasi, maka ada beberapa hal pokok:
  • Kecepatan loading
  • Kualitas artikel/konten
Hal pertama tentunya adalah pastikan page Anda dapat ditampilkan dengan cepat. Jika tidak, pengunjung Anda akan segera keluar dari page Anda. Maka, wajib hukumnya sebuah blog mempunyai kecepatan loading yang cepat saat dibuka. Saran saya, karena kecepatan loading sebuah blog dipengaruhi oleh banyak hal, maka penentu utamanya adalah optimasi template yang sedang digunakan (walaupun juga dipengaruhi penggunaan gambar, keberadaan JavaScript, widget berlebihan dll). Silakan Anda pilih template super fast loading.

Hal kedua yang harus Anda diperhatikan untuk memperbesar Dwell Time adalah kualitas konten. Semain berkualitas artikel Anda, semakin besar peluang orang akan berlama-lama pada laman konten tersebut. Untuk lebih jelasnya, silakan

Demikian sekilas informasi mengenai 2 Fokus Kinerja Utama Algortima Google RankBrain. Semoga bermanfaat, salam.

1 Response to "Cara Kerja Algortima Google RankBrain dan Optimasinya"

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di Forum Blogger Indonesia ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger