7 Cara Membangun Branding: Kunci Sukses Bisnis Anda

Pentingnya membangun Brand Produk bagi Kesuksesan Anda

Anda punya usaha, dan pastinya banyak pesaingnya kan? Lalu bagaimana supaya usaha kamu bisa stand out dibandingkan dengan kompetitor kamu? Jawabannya adalah dengan melakukan branding!

Sayangnya, masih banyak orang yang bingung mengenai apa sih branding itu. Yuk kita kupas satu per satu tentang branding ini.

7 Cara Membangun Branding: Kunci Sukses Bisnis Anda

Pengertian Branding

Sebelum masuk lebih dalam mengenai pembahasan mengenai apa yang dimaksud dengan branding, kamu harus mengetahui makna dasar tentang “Brand”.

Ada yang mengatakan, bahwa:
“A brand is a name, term, design, symbol, or any other feature that identifies one seller’s good or service as distinct from those of other sellers” (American Marketing Association).
Seperti halnya pula yang disampaikan (Kotler & Keller, 2015) berikut ini:

“Broadly, a product is anything that can be offered to a market to satisfy a want or need, including physical goods, services, experiences, events, persons, places, properties, organizations, information, and ideas”.

Bukannya Brand dan Branding adalah satu kesatuan makna yang sama mas? Memang betul, keduanya adalah satu kesatuan. Mereka adalah 2 hal yang sejatinya berbeda tapi tidak akan bisa terpisahkan. Untuk lebih mudah memahami hal itu, mari kita contohkan melalui beberapa produk yang sering kali kita kenal.

Seperti yang kita ketahui, saat ini begitu banyak pilihan merek air mineral yang dijual di pasaran, sama-sama berupa cairan dan bening warnya. Namun kenapa kita bisa lebih memilih satu merek tertentu dari sekian merek yang ada? Coba kita bandingkan antara Aqua, Le mineral, Pristine. Kebanyakan orang menilai:
  • Aqua – sudah percaya karena produk lama dan aman untuk dikonsumsi
  • Le mineral – ada rasa manisnya sedikit
  • Pristine – bagus untuk meningkatkan kesehatan karena ada alkali
Penilaian inilah yang menjadi brand suatu merek produk/ jasa di masyarakat. Bisa disimpulkan bahwa brand adalah penilaian seseorang atas suatu produk atau perusahaan dan setiap orang punya versinya masing-masing. Hasilnya bisa positif dan negatif, tergantung dari bagaimana produk/jasa tersebut membangun brand mereka sendiri.
Secara sederhana, branding adalah proses serta strategi pemberian value atau nilai kepada perusahaan, produk, ataupun jasa dengan membentuk sebuah brand dalam benak pelanggan. Diharapkan dengan melakukan branding ini, para klien/pelanggan bisa tertarik kemudian bisa loyal pada suatu produk/jasa tertentu.
Baca juga: 8 Tips Berjualan di Media Sosial yang Cukup Sederhana Tapi Efektif

Ketika kamu sudah tahu, makna dan pentingnya sebuah branding, lalu sebenarnya target objek branding sendiri itu siapa? 

Sasaran Branding Produk

Yang akan paling terkena dampaknya adalah mereka yang sudah atau akan menjadi pelanggan, karyawan, investor, atau pihak ke-tiga manapun yang bersangkutan dengan jenis bisnis yang sedang dijalani.

Orang-orang cenderung memliih dan loyal pada suatu produk, jasa, atau perusahaan yang bisa menjawab kebutuhan mereka baik dari segi fungsional maupun dari segi kenyamanan/kepercayaan yang diberikan produk/jasa itu sendiri.
Kapan Kamu Harus Melakukan Branding?

Ketika kamu memulai sebuah bisnis, sudah pasti kamu harus melakukan branding untuk bisnis terserbut, Namun, sebelum itu, kamu harus membangun personal branding untuk diri kamu sendiri.

Bentuk dirimu sebagai sebuah brand yang dikenal positif oleh orang-orang disekeliling kamu. Ini akan memudahkan kamu untuk bisa bersosialisasi dan berbisnis dengan orang lain.
Mengapa Harus Melakukan Branding?

Sebenarnya jawaban untuk pertanyaan yang satu ini sudah dibahas sebelumnya. Dengan melakukan branding, bisnis kamu akan mempunyai nilai tersendiri alias menonjol dibandingkan kompetitor lainnya.

Tapi satu hal yang harus diingat, brand yang terbangun di masyarakat bisa positif dan negatif. Jadi kamu harus pintar dan berhati-hati ketika melakukan branding.

Baca juga: Rahasia Penting Sukses Blogging untuk Mendapatkan Uang

7 Cara Membangun Branding yang Tepat

Ada berbagai cara yang bisa kamu coba untuk membangun brand dalam bisnis kamu. Kamu bisa dari sisi:

1. Be Noticed

Buatlah suatu kesan yang membuat orang mengingat Brand anda. Sebarkan brand Anda melalui slogan yang menarik hati, gambar yang iconic, dan berbagai keuntungan yang dicari oleh orang. Dan yang perlu anda ingat, Kesan Pertama itu Penting.

2. Be Connected

Pertimbangkan cara dan gaya komunikasi yang sesuai dengan karakter bisnis dan customer anda. Membangun brand juga termasuk di antaranya memperhatikan nilai-nilai dan budaya yang ada ketika “mendandani” brand anda.

3. Be Clear

Berkomunikasilah dengan bahasa yang digunakan customer Anda. Jangan terlalu banyak menggunakan bahasa teknis. Fokus pada apa yang menjadi tujuan anda, dan selalu lakukan survey karena setiap orang memiliki persepsi yang berbeda. Jangan bertele-tele, pastikan orang dapat dengan cepat mengenali brand anda.

4. Be Sure of Yourself

Pastikan kelebihan anda tersampaikan dan diketahui oleh customer dan jangan berusaha menjadi “orang lain”.

5. Be Consistent

Perhatikan cara berkomunikasi, cara promosi, gaya desain, serta bentuk gambar. Konsistensi dibutuhkan untuk memudahkan customer mengingat brand anda.

6. Be Different

Belajarlah dari kompetitor: Apa yang kurang dari produk mereka? Apa manfaat lebih yang dapat ditawarkan brand anda? Kenapa brand anda lebih baik?

7. Be Direct

Berikan kesempatan untuk customer berinteraksi dengan brand Anda. Mudahkan mereka untuk berhubungan dengan brand Anda dan yang paling penting adalah mudahkan mereka untuk menikmati layanan yang ditawarkan, sebagai bentuk dalam membangun brand Anda.

Adapun secara simultan, Anda juga bisa membangung branding melalui cara di bawah ini:
  1. iklan dan komunikasi
  2. produk dan desain kemasan
  3. in-store experience 
  4. harga
  5. sponsor dan partnership
  6. identitas visual (contoh: logo, website, warna, dll)
  7. dan masih banyak lagi
Melakukan brandig pada sebuah bisnis memang gampang-gampang susah. Semua bisa kamu explore sesuai dengan bisnis dan target market yang ingin kamu raih. Biar tidak salah langkah, kamu bisa buat survey sebelum melakukan branding. Hasil survey ini bisa jadi referensi kamu brand seperti apa yang ingin dibangun dan strategi branding seperti apa yang efektif untuk menjalankan bisnismu.

Demikian sekilas informasi mengenai 7 Cara Membangun Branding: Kunci Sukses Bisnis Anda. Semoga bermanfaat, salam sukses.

0 Response to "7 Cara Membangun Branding: Kunci Sukses Bisnis Anda"

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hosting Unlimited Indonesia