Gempa 6,3 Skala Richter Guncang Sumba, Nusa Tenggara Timur - News Info

Belum genap hitungan hari, dan hilang ingatan kita akan gempa tsunami di Palu Sulawesi Tengah dan Donggala, pagi ini berkisar pukul 07.16 WIB, gempa berkekuatan 6,3 Skala Richter mengguncang Sumba, Nusa Tenggara Timur.


Gempa 6,3 Skala Richter Guncang Sumba, Nusa Tenggara Timur - News Info
Ilustrasi Dampak Gempa Bumi (sumber:merdeka.com)
Berdasarkan informasi dari idnnews, dalam laman Warning Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa ini tidak berpotensi tsunami. Pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer. Sementara lokasi titiknya berada di 66 km Barat Daya Sumba Timur. Sebelumnya, gempa berkekuatan cukup besar, 6 SR, juga terjadi di titik yang sama. Gempa ini terjadi pada pukul 06. 59 WIB.

Baca juga:Ironi, Ternyata Alat Deteksi Tsunami di Indonesia Kurang Canggih dan Dicuri Orang

Episentrum gempa bumi terletak pada koordinat 10.48 Lintang Selatan dan 120.24 Bujur Timur pada kedalaman 10 km. Dia menambahkan, gempa berlokasi pada 56 km Barat Daya Sumba Timur, 125 km Tenggara Sumba Tengah, 131 km Tenggara Sumba Barat Daya, 375 km Barat Daya Kupang dan 1.565 km Tenggara Jakarta.Sementara itu selang beberapa menit kemudian gempa dengan kekuatan 6,3 SR menguncang kabupaten itu dengan kedalaman yang sama, yakni 10 kilometer.

Lebih lanjut, Gideon menambahkan sejumlah staf serta BPBD Sumba Timur sudah dikerahan untuk mendata kerusakan lain di daerah itu pasca gempa itu. Posko BNPB telah mengkonfirmasi dampak terasa kuat selama 3-5 detik. Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah dan bangunan. Siswa SD panik dan menangis, para guru meminta orangtua siswa untuk menjemputnya.

Ini adalah gempa kedua. Sebelumnya gempa dengan kekuatan magnitudo 6,0 juga mengguncang Sumba Timur pada pukul 06.59 WIB dihari yang sama.

Setidaknya, berkacamata dari peristiwa di Palu dan Donggala Sulawesi Tengah, jika ada warga di daerah sekitar untuk tetap waspada dan terus memantau informasi dari pemerintah daerah.

0 Response to "Gempa 6,3 Skala Richter Guncang Sumba, Nusa Tenggara Timur - News Info"

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hosting Unlimited Indonesia