Jaringan 5G Pertama di Dunia Sudah Bisa Dinikmati

Jaringan 5G telah resmi diluncurkan oleh Verizon, perusahaan telekomuikasi sekaligus operator seluler asal Amerika Serikat (AS) untuk pertama kalinya di dunia. Verizontelah memberikan pengumuman kepada khalayak bahwa mereka telah meluncurkan jaringan internet generasi kelima tersebut.

Jaringan 5G Pertama di Dunia Sudah Bisa Dinikmati
Jaringan 5G Pertama di Dunia Sudah Bisa Dinikmati

Hal itu disampaikan oleh Ronan Dunne, President Verizon Wireless, bahwa layanan 5G komersil pertama di dunia sudah diaktifkan. Sebagai bahan peluncuran pertama tersebut, ada beberapa kota yang dijadikan uji coba jaringan tersebut, lebih tepatnya empat kota di Amerika Serikat. Keempat kota tersebut adalah Los Angeles, Sacramento, Houston, Indianapolis.

Berdasarkan informasi, pemilihan beberapa kota yang dijadikan bahan percobaan tersebut bukan tanpa alasan. Empat kota pertama yang mendapat jaringan 5G dipilih karena memiliki kebijakan yang dinamis dan juga didukung oleh pemerintah setempat.

Baca juga:6 Tips Cyber Security Umum bagi Pengguna Internet Terbaru

Jaringan 5G Verizon akan menggantikan kabel penyedia layanan internet rumahan pada umumnya. Transfer data jaringan 5G akan memanfaatkan "small cell", menara seluler yang ukurannya lebih kecil dibanding infrastruktur kabel internet saat ini. Adapun orang yang pertama kali di dunia menggunakan jaringan 5G adalah Clayton Harris yang berasal dari Houston, AS.

Standar Formal Jaringan 5G


Perlu kita ketahui, bahwa kecepatan jaringan 5G diyakini mampu mencapai 300 Mbps sesuai dengan lokasi. Sementara kecepatan maksimal disebut mencapai 1 Gbps tanpa batasan data. Kecepatan 1 Gbps bisa digunakan untuk mengunduh data sebesar 1 GB hanya dalam waktu delapan detik, sedangkan kecepatan 300 Mbps bisa digunakan mengunduh data 1 GB dalam waktu 28 detik.

Untuk tiga bulan pertama, pelanggan Verizon bisa menikmati fasilitas jaringan 5G Home secara gratis. Dilansir KompasTekno dari Tech Radar, Selasa (2/10/2018), biaya berlangganan jaringan nirkabel 5G Home per bulan mencapai 50 dollar AS (sekitar Rp 750.000). Tentunya, perangkat yang menggunakan jaringan 5G harus sudah mendukung koneksivitas 5G pula.

Sementara untuk pelanggan baru Verizon akan dikenakan biaya 70 dollar AS (sekitar Rp 1 jutuaan). Pelanggan 5G Verizon juga kan mendapatkan bonus Apple TV 4K atau Chromecast Ultra secara cuma-cuma.

Baca juga: Awas Penipuan Online Via Email. Ini Bentuk dan Modusnya!

Jaringan 5G Verizon dibangun dengan standar 5G TF, yang disebut sebagai alternatif tercepat ketimbang harus menunggu standar formal 3GPP 5G NR yang mencakup perlengkapan jaringan, perangkat, chipset, dan software. Lebih lanjut, Verizon mengatakan jika mitranya menyediakan standar 3GPP 5G NR, maka pelanggan tidak akan dikenakan biaya untuk upgrade.

Sebelumnya, setelah standar hardware baru untuk 5G diputuskan, sejumlah operator pun dilaporkan mulai berlomba untuk menggunakannya. Salah satu operator yang disebut akan pertama kali menerapkannya adalah AT&T.

Operator asal Amerika Serikat itu dilaporkan berencana meluncurkan jaringan 5G untuk kebutuhan mobile pada akhir 2018. Dikutip dari Engadget, Jumat (5/12/2018), jaringan ini akan tersedia untuk pengguna di 12 kota di Amerika Serikat.

Sekadar informasi, para anggota 3rd Generation Partnership Project (3GPP) telah memutuskan standar hardware baru untuk 5G. Rencananya, standar tersebut akan debut pada awal tahun ini.

Persetujuan atas spesifikasi Non-Standalone (NSA) 5G New Radio (NR) ini membuka pintu bagi banyak pihak. Para pelaku industri kini dapat mengetahui dengan pasti mengenai apa yang harus mereka buat untuk bisa memenuhi persyaratan spesifikasi para manufaktur.

Spesifikasi tersebut akan berisi sejumlah spesifikasi terkait 5G, termasuk mengenai dukungan untuk spektrum frekuensi rendah (600MHz dan 700MHz), menengah pada 3,5GHz, dan tinggi pada 50GHz.

Kapan jaringan 5G hadir di Indonesia?

Demikian sekilas informasi mengenai Jaringan 5G Pertama di Dunia Sudah Bisa Dinikmati. Semoga bermanfaat, salam.

0 Response to "Jaringan 5G Pertama di Dunia Sudah Bisa Dinikmati"

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hosting Unlimited Indonesia