Cara Memperbaiki Wireless Connection Doesn't Have a Valid IP Configuration Not Fixed pada Win X

Cara Memperbaiki Wireless Connection Doesn't Have a Valid IP Configuration Not Fixed pada Win X
Cara Ampuh Memperbaiki Invalid IP Configuration Saat Koneksi Wifi (Work 100%) - Beberapa saat lalu saya dipusingkan dengan masalah koneksi jaringan di laptop yang berbasis Windows 10. Masalah utama tersebut ternyata dikarenakan adanya settingan invalid IP configuration.

Masalah pelik tersebut sudah beberapa kali saya alami, dan ternayata hari ada anak didik yang mengalami hal yang sama.

Pesan keberadaan error pada ip configurasi setingan jaringan wifi laptop Anda ini bisa diperoleh ketika Anda melakukan test troubleshoot problems. Nah, dalam pesan itu muncul informasi Wireless Connection Doesn't Have a Valid IP Configuration.

Jika Anda yang mengalami hal itu, bagaimana cara mengatasinya?

Baca juga: 7 Aplikasi Pembobol WiFi Terbaik 2018

Cara Mengatasi Wireless Connection Doesn't Have a Valid IP Configuration Win X


Berikut ini ada beberapa cara ampuh untuk mengatasi invalid IP Configurations saat koneksi wifi, dan alhamdulillah dengan mengikuti langkah ini permasalahan sata teratasi.

Cara 1. Silakan Restart laptop Anda

Cara ini terbilang sederhana, namun ternyata manjur juga mengatasi invalid IP Configurations. Jika di cara pertama ini masih saja tidak bisa koneksi jaringan wifi Anda, silakan lakukan cara kedua ini.

Cara 2. Disable terlebih dahulu antivirus Anda

Nah, cara kedua ini yang baru saja saya lakukan. Terkadang, ada beberapa fitur yang secara otomatis enable dari antivirus yang Anda gunakan, dan hal itu bisa saja tidak Anda sadari. Jika Anda merasa antivirus Anda memang pada settingan privacy tinggi, ada baiknya untuk mencoba cara kedua ini, karena bisa jadi proteksi berlebihan telah dilakukan antivirus yang Anda gunakan.

Cara 3. Menggunakan PC Repair Tools

Cara ini membutuhkan perangkat software PC Repair Tools. Jika Anda sudah melakukan instalasi tools yang satu ini, silakan pilih Start Clean untuk mencari berbagai isu yang ada pada laptop Anda, khsusnya pada windows 10 Anda. Setelah diketahui berbagai problem yang ada, silakan pilih Repair All. 

Jika cara ketiga ini masih saja belum berhasil, silakan lakukan cara ke-4 di bawah ini.

Cara 4. Reset TCP/IP

Cara ke-4 ini Anda harus menggunakan bantuan command prompt, yakni sebuah fitur yang bisa Anda gunakan untuk masuk pada mode dos dekstop. Anda tidak perlu khawatir, karena command prompt ini sudah tersedia di dalam setiap OSWindows X.

Caranya mudah, silakan ketikkan kata command prompt pada caption pencarian laptop Anda (di samping kanan menu utama win X). Atau jika ingin cepat, silakan tekan tombol Windows Key + X kemudian pilih Command Prompt.

Setelah itu, ketikkan beberapa kode di bawah ini di dalamnya:

1. netsh winsock reset dan tekan enter (lihat gambar di bawah ini)

Masukkan kode netsh winsock reset dan tekan enter
Masukkan kode netsh winsock reset dan tekan enter
2. netsh int ip reset dan tekan enter

Masukkan kode netsh int ip reset dan tekan enter
Masukkan kode netsh int ip reset dan tekan enter
3. Silakan tutup dan lakukan restat

Silakan lakukan langkah pada kode pertama tadi dengan mengetikkan kode di bawah ini dan tekan enter seperti tadi:

ipconfig /release
ipconfig /flushdns
ipconfig /renew

Silakan lakukan cara ke 4 ini dengan benar, dan insyalloh bisa segera tekoneksi dengan jaringan wifi kembali. Namun jika masih saja tidak berhasil, silakan lakukan langkah berikutnya di bawah ini.

Cara 5. Silakan setting koneksi channel jaringan dengan mode otomatis

Caranya juga cukup muda, silakan Anda tekan tombol windows + X seperti ketika Anda ingin membuka Command Prompt, namun pada tahapan ini Anda memilih Network Connections. 

Setelah menu Koneksi Jaringan terbuka, silakan Anda pilih Configure kemudian Advanced seperti yang saya gambarkan di bawah ini:
Silakan setting koneksi channel jaringan dengan mode otomatis
Silakan setting koneksi channel jaringan dengan mode otomatis
Kemudian pada Locate 802.11n Channel Width for band 2.4 silakan setting ke mode Auto, kemudian simpan pengaturan seperti gambar di bawah ini:

Atur Locate 802.11n Channel Width for band 2.4 silakan setting ke mode Auto
Atur Locate 802.11n Channel Width for band 2.4 silakan setting ke mode Auto
Selesai. Masih ada maslah? Aduh berat gan, hehe.

Baiklah, jika cara di atas masih saja belum ampuh mengatasi ip config not fixed, silakan lakukan cara selanjutnya di bawah ini.

Cara 6. Setting IP Address secara manual

Caranya sama, silakan tekan tombol Windows + X dan pilih Network Connections, dan pilih Properties dilanjut pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) dan klik Properties.
Cara Setting IP Address secara manual
Cara Setting IP Address secara manual
Jika menu settingnya sudah terbuka, silakan Anda pilih "Use the following IP Address" dan silakan masukkan IP Anda. Misalkan saja 192.168.1.1, sesuai gambar di bawah ini:

Cara Setting IP Address secara manual
Cara Setting IP Address secara manual
Kemudia baru tekan OK, selesai.

Saya kira beberapa cara di atas cukup mumpuni untuk mengatasi maslah koneksi jaringan laptop Anda khususnya apabila mengalami kendala Wireless Connection Doesn't Have a Valid IP Configuration Not Fixed pada Win X. 

Sebenarnya masih ada beberapa cara lain untuk mengatasi masalah ini, misalkan saja dengan mengatur DHCP dalam mode ON. Namun berhubung karena kesibukan lain yang sudah menunggu, saya belum bisa menulisakannya di sini. Semoga bermanfaat, salam blogging (www.forumblogindo.com)

0 Response to "Cara Memperbaiki Wireless Connection Doesn't Have a Valid IP Configuration Not Fixed pada Win X"

Posting Komentar

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di Forum Blogger Indonesia ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel