Obat Nyamuk Piramida - Bahayanya Menggunakan Obat Nyamuk Bakar bagi Kesehatan

Obat Nyamuk Piramida - Bahayanya Menggunakan Obat Nyamuk Bakar
Obat Nyamuk Piramida - Saat ini memang bisa dikatakan zaman kemajuan ilmu dan teknologi tanpa batas. Baru-baru ini, telah hadir obat nyamuk Piramida. Sesuai dengan namanya, obat nyamuk yang biasanya berbentuk coil atau spiral dengan bagian sampingnya berlubang, sekarang sudah berevolusi menjadi bentuk baru yang diklaim lebih jitu membasmi nyamuk.

Tak bisa dipungkiri pula, bahwa keberadaan nyamuk dalam kehidupan manusia lebih terlihat memberikan dampak negatif, yaknik timbulnya berbagai macam penyakit, sebut saja misalnya demam berdarah. Bahkan, dari penyakit demam berdarah ini tergolong berbahaya dan tak sedikit merenggut korban nyawa. Oleh karena itulah, para peneliti berupaya membuat sebuah ramuan khusus sebagai penangkal gigitan nyamuk saat malam hari.

Beberapa bentuk hasil dari riset tersebut seperti yang kita ketahui saat sekarang ini, yakni obat nyamuk dengan berbagai macam bentuk dan model serta jenis zatnya (cair, padat, bahkan gel/lotion).

Jika dirunut sejarahnya, keberadaan dan perkembangan obat nyamuk mulai santer diketahui tahun 1900an. Akan tetapi, ketika kita mengatakan obat nyamuk, maka dua kata itu akan lekat difikiran seseorang dengan sebuah benda padar berbentuk lingkaran dengan bagian sampingnya bolong, dan itulah yang kita sebut obat nyamuk bakar.

Baca juga: 3 Dampak Buruk Olahraga Lari yang Harus Diwaspadai

Bentuk obat nyamuk bakar yang secara turun temurun bahkan sampai saat ini, mengundang berbagai telaah dan akhirnya berevolusi menjadi obat nyamuk piramida.

Dalam kesempatan ini, sebenarnya saya juga tidak melulu mau membicarakan dan menelaah bentuk dari obat nyamuk piramida ini. Bisa saja misalkan dibandingkan dengan obat nyamuk bentuk spiral seperti yang saya katakan di atas. Namun artikel ini akan menginformasikan kepada Anda, fokus pada aspek kesehatan, sebenarnya menggunakan obat nyamuk bakar itu sehat atau tidak sih? Apakah berbaya bagi tubuh kita?

Bahayanya Menggunakan Obat Nyamuk Bakar


Berdasrkan informasi dari laman Alodokter, bahwasanya yang sering kali membahayakan manusia dengan gigitannya adalah nyamuk betina. Dan saya kira, hal ini seringkali kita dengar saat Bapak Ibu Guru kita waktu SMA memberikan penjelasan akan hal ini.

Seperti halnya hewan lain, pada dasarnya nyamuk juga memerlukan asupan makanan, dan makanan mereka tak ayal adalah darah. Darah yang dimaksud di sini, tentu saja tidak melulu darah manusia, namun bisa juga darah hewan lain, misalkan saja sapi, lembu maupun domba (walaupun dengan ekskalasi yang lebih minim, karena ketebalan bulunya). Berbekal makan itulah, nyamuk bisa melakukan regenerasi berkembang biak dengan cara bertelur dan menanamkan inangnya.

Nah, saking cepatnya pola regenerasi ini, jelas saja menjadi sebuah kewaspadaan masyarakat untuk mencegah berkembang dan terjangkitnya penyakit akibat ulah gigitan nyamuk ini. Maka, digunakanlah obat nyamuk dengan berbagai macam varian bentuk dan harga.

Perlu kita ketahui, bahwasanya saat kita membakar obat nyamuk, tujuan utamanya tentu saja munculnya asap yang akan berfungsi untuk mengusir atau bahkan diyakini membunuh nyamuk tersebut. Namun, ada hal lain yang perlu Anda ketahui. Bahwasanya, dari aspek pembakaran tersebut, secara sifat fisika, maka dari hasil pembakaran akan meninggalakan residu pembakaran dari atom karbon yakni berupa debu dengan butiran yang sangat kecil sekali.

Dua hal itulah (asap dan debu) tentu saja akan berinteraksi dengan udara sekitar kita dan tentu saja menjadi target respirasi manusia kala tidur. Sayangnya, dari interaksi obat nyamuk yang bahan dasarnya tentu saja tidak sesuai dengan oksigen yang kita hirup (karena bersifat racun), akan berpengaruh terhadap kesehatan paru-paru Anda.

Saya kutip dari Alodokter, dikatakan bahwa:
Membakar satu buah obat nyamuk bakar bisa menghasilkan particulate matter (PM) 2,5. PM 2,5 adalah partikel polusi yang terdiri dari potongan kecil (lebih kecil dari diameter sehelai rambut) zat padat atau cair yang ada di udara. Partikel ini bisa meliputi debu, kotoran, arang, asap, atau cairan. Partikel ini berbahaya karena bisa masuk ke bagian dalam paru-paru dan bahkan ke dalam darah, sehingga dapat menimbulkan masalah pada paru-paru dan jantung, termasuk mencetuskan asma dan kanker paru-paru. Hal ini terjadi terutama pada bayi, anak, dan lansia.
Hasil pembakaran obat nyamuk tersebut akan menghasilkan zat formalin di udara. Jika terlalu banyak menghirup formaldehida, kita bisa merasa mual, sakit tenggorokan, batuk, mata berair, dan iritasi kulit. Formaldehida akan mengiritasi saluran pernapasan, orang dengan gangguan pernapasan seperti asma dan bronkitis akan lebih sensitif terhadap formaldehida. Jumlah formaldehida di udara yang melebihi 0,1 ppm saja sudah bisa menimbulkan berbagai gejala di atas. Padahal obat nyamuk bakar disebut sanggup menghasilkan tingkat formaldehida 0,5 sampai dengan 7,5 mg per jam. Sebagai perbandingan, 1 mg/m3 = 0,801 ppm. Tingkat paparan formaldehida jangka panjang bahkan dicurigai dapat menyebabkan beberapa jenis kanker.

Cara Aman Menggunakan Obat Nyamuk Bakar


Berikut ini adalah beberapa tips jika Anda ingin menggunakan obat nyamuk bakar untuk membasmi nyamuk:
  • Selalu baca pentunjuk dan lakukan semua petunjuk yang ada pada instruksi yang ada pada kemasanya.
  • Jika obat nyamuk bakar sedang digunakan, jangan masuk ke dalam ruangan tersebut.
  • Matikan obat nyamuk bakar jika ingin masuk ke ruangan dan buka jendela agar terjadi pertukaran udara.
  • Taruh obat nyamuk bakar di luar jendela atau pintu ruangan.
  • Jangan tidur di dalam ruangan yang sama dengan obat nyamuk bakar yang sedang menyala.
  • Jauhkan obat nyamuk bakar dari jangkauan anak-anak dan benda-benda yang mudah terbakar. 
Kesimpulan

Cara paling aman agar terlindung dari gigitan nyamuk bagi saya sebenarnya cuma satu, yakni menggunakan kelambu saat tidur. Selain tidak memerlukan biaya setiap kali habis obat nyamuknya, cara ini praktis tidak menimbulkan efek pembakaran maupun residu hasil pembakarannya. Bahkan, udara yang kita hirup saat "bocan-bobok cantik" malam, tidak lagi bercampur dengan formaldehide (formalin) yang bisa membahayakan kesehatan kita..

Demikian sekilas informasi mengenai Obat Nyamuk Piramida - Bahayanya Menggunakan Obat Nyamuk Bakar. Semoga bermanfaat, salam.

Sumber:
https://www.alodokter.com/awas-bahaya-obat-nyamuk-bakar-bagi-kesehatan

2 Responses to "Obat Nyamuk Piramida - Bahayanya Menggunakan Obat Nyamuk Bakar bagi Kesehatan"

  1. Masih banyak yang tidak sadar akan bahaya obat nyamuk bakar terutama generasi tua. Salah satu pertimbangan adalah harganya murah meriah.
    PS: Ayah saya sampai sekarang masih menggunakan obat nyamuk bakar

    ReplyDelete

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel