Perkataan Bijak GusDur yang Seharusnya Kamu Tiru (Pesan Bagi para Blogger)

Perkataan Bijak GusDur yang Seharusnya Kamu Tiru
Gus Mustawa (Putra KH. Ma'ruf Islamuddin) Mencium Tangan Gus Dur saat Rawuh di Ponpes Walisongo Sragen
KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur adalah salah satu tokoh tauladan dan bapak bangsa Indonesia. Bagaimana tidak, Gus Dur yang kita tahu sebagai Presiden RI ke-4, beliau terkenal dengan berbagai sikap dan pernyataan yang terkadang membuat orang geleng-geleng kepala karena dianggap nyeleneh. Namun, pada kenyatannya banyak perkataan beliau yang menjadi objek telaah para banyak orang. Beliau juga dikenal sebagai bapak pluralisme di Indonesia.

Berbagai macam pemikirannya begitu terkenal sampai ke mancanegara, tidak tidak hanya di Indonesia. Beberapa pemikiran beliau misalkan berbicara masalah mengenai agama, nasionalisme dan modernisasi membuat Gus Dur dikenal hingga mancanegara. Sebagai warga Indonesia, kita patut bangga mempunyai sosok yang bisa kita jadikan idola.

Baca juga: Diberlakukannya Tilang Elektronik Kendaraan Bermotor. Siapkah Anda?

Gus Dur juga dikenal sebagai pribadi yang santai, cerdas, santun dan suka guyon. Banyak kata-katanya yang diucapkan yang dapat menginspirasi kita anak muda untuk selalu memajukan Indonesia. 

Yuk kita ikuti beberapa kata-kata bijak Gus Dur di bawah ini:
1. Tak penting apapun agamamu ataupun sukumu, kalau kamu bisa melakukan sesuatu yang baik untuk semua orang, orang tidak pernah tanya apa agamamu.
Nah, satu pernyataan pesan Gus Dur ini memang sangat luar biasa. Jika kita bisa berbuat baik kepada siapapun, maka sejatinya orang yang kita tolong tidak akan bertanya tentang apa agama yang kita anut, apa kepececayaan dan keyakinan kita selama ini.

Kenapa bisa demikian?

Ya jelas saja begitu, karena tidak mungkin juga ada orang yang dalam kesulitan dan meminta pertolongan, setelah mendapat pertolongan dari seseorang kok malah menanyakan apa agama orang yang menolongnya?

Itulah setidaknya perkataan Gus Dur yang sangat membuat kita sadar, bahwa setiap perbuatan baik tidaklah perlu "memamerkan" agama yang kita anut. Kita hanya perlu bertindak secara nyata kepada orang lain tanpa melihat batasan, ruang dan waktu yang mengekang kita untuk berbuat baik.

Salam blogger, tetap semangat menjadi orang baik, setuju???
2. Menyesali nasib tidak akan mengubah keadaan. Terus berkarya dan bekerjalah yang membuat kita berharga (K.H Abdurrahman Wahid-Gus Dur)
Nah, pesan kedua ini jelas sekali wajib kita tiru. Pasalnya, dalam setiap kehidupan, roda ini terus saja berputar, ada kalanya di atas, ada kalanya di bawah; ada kalanya sukses, ada kalanya terpuruk.

Dari fenomena kenyataan yang ada itulah, kita sebagai seorang manusia yang baik harus tetur berjuang dan berkarya apapaun keadannya. Kita masih harus berfikir akan masa depan, tidak hanya stagnan dalam keterpurukan masa lalu. Menatap ke depan dengan segala optimisme, setuju???
3. Tuhan Yang Maha Besar, Maha Agung dan Maha Berkuasa tidak perlu dibela. Yang memerlukan pembelaan adalah manusia yang ditindas dan dianiaya.
Pesan ke-3 Gus Dur ini memang sempat menjadi sebuah pernyataan kontreversial oleh berbagai kalangan, baik akademisi maupun para agamis pada masanya. Namun, jika ditelaah secara teliti, bagi saya memang benar adanya.

Secara hakikat dasar, Tuhan memang Dzat Yang Maha Agung (Maha Besar), Maha Berkuasa atas segala makhluknya. Dengan berbagai ke-Agunannya, maka jika saja seluruh umat manusia tidak ada yang menyembah_Nya, maka sejatinya tidak berkurang sedikitpun ke-Agungan-Nya.

Maha Besar Allah dengan segala firman-Nya.

#SemangatMenjadiOrangBaik
#BloggerSukses

0 Response to "Perkataan Bijak GusDur yang Seharusnya Kamu Tiru (Pesan Bagi para Blogger)"

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hosting Unlimited Indonesia