5 Cara Artikel Cepat Terindeks Google [Rekomendasi]

5 Cara Artikel Cepat Terindeks Google [Rekomendasi]
Cara Agar Artikel Cepat Terindeks Google - Artikel Anda susah terindeks google? Di bawah ini saya memiliki sebuah cara sederhana dan mudah dilakukan, agar artikel blog cepat masuk bot Google, lebih-lebih bisa berada di halaman pertama Google dengan cepat.

Perlu Anda ketahui, bahwa Google Index (mesin pengindeks Google-Googlebot) dalam melakiukan tugasnya memerlukan beberapa tahapan, misalnya melalui crawling, indexing, dan rangking, dan itu semua tentu saja memerlukan waktu. Dari beberapa pengalaman saya pribadi, bisa daja proses itu berlangsung cepat bisa juga tidak, bahkan bisa berhari-hari.

Kenapa bisa demikian?

Logika sederhana saja. Berapa jumlah pengguna situs aktif di seluruh dunia? 

Berdasarkan data dari kompas, jumlah populasi penduduk Indonesia saat ini mencapai 262 juta orang. Lebih dari 50 persen atau sekitar 143 juta orang telah terhubung jaringan internet sepanjang 2017, setidaknya begitu menurut laporan teranyar Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia ( APJII). Mayoritas pengguna internet sebanyak 72,41 persen masih dari kalangan masyarakat urban. 

Pemanfaatannya sudah lebih jauh, bukan hanya untuk berkomunikasi tetapi juga membeli barang, memesan transportasi, hingga berbisnis dan berkarya. Berdasarkan wilayah geografisnya, masyarakat Jawa paling banyak terpapar internet yakni 57,70 persen. Selanjutnya Sumatera 19,09 persen, Kalimantan 7,97 persen, Sulawesi 6,73 persen, Bali-Nusa 5,63 persen, dan Maluku-Papua 2,49 persen.


Nah, bagi para blogger seperti saya dan juga Anda sekalian, pasti bisa melakukan kalkulasi sederhana dengan banyak data upload per jam kali setiap orang kali banyak kota dan bla bla. Jika semuanya menggunakan kata kunci yang sama, maka sama saja menambah kerjaan Google karena harus memilih dan memilah semua informasi, sehingga laik menjadi nomor satu halaman pertama Google

Dari kalusul itulah, Google juga membutuhkan waktu untuk memunculkan artikel kita di SERP. Googlebot melakukan crawling (perayapan) ulang situs web di seluruh dunia.
Melihat proses itu semua, saya kira Anda harus memiliki cara tepat dalam melakukan optimasi mesin pencari melalui SEO agar tulisan kita mudah dan cepat terindeks Google dan mesin telusur lainnya. 
Oleh karena itulah, dalam kesempatan ini akan saya coba berikan cara mudah artikel terindeks Google, tentunya dengan langkah sederhana dan tidak melanggar aturan Google.

Cara Artikel Cepat Terindeks Google


Berikut ini adalah beberapa cara mempercepat artikel terindeks Goolge. Cara ini tergolong bia Anda lakukan dengan mudah, jika Anda secara serius ingin meningkatkan kualitas blog yang dikelola. So silakan lakukan dengan cermat:

1. Lakukan SEO Onpage terhadap Blog Anda terlebih dahulu

Dalam banyak kasus, banyak blogger yang menanyakan masalah tersebut. Endingnya setelah dievaluasi, ternyata beliau belum melakukan Optimasi SEO OnPage sama sekali. Maka dari itu, silakan lakukan optimasi SEO onpage secara wajar.

2. Submit Blog Anda ke Google
Cara kedua ini "wajib" Anda lakukan. Submit blog ke Google ibarat kata adalah mencari SIM dan membuat identitas ke Google. Jika blog kita sudah terdaftar secara "VIP", paling tidak kita sudah mempunyai posisi di hadapan Google. So, silakan lakukan cara submit blog ke Google, melalui webmaster Google Seach Console.

3. Silakan Submit Sitemap atau peta situs Anda ke Google

Cara ketiga ini menjadi cara handal selanjutnya jika Anda menginginkan artikel segera terindeks Google. Secara normal, kenyataanya ada pula artikel yang baru saja di terbitkan dalam beberapa waktu, sejam atau dua jam akan segera terindeks. Namun ada juga yang lama. Untuk itu, jika ingin menang di persaingan Google, kebanyakan akan memilih cara cepat terindeks Google walau baru 1 detik di publish.

Cara submit sitemap ke Google ini menjadi terusan dari cara kedua. Sehingga, setelah melakukan submit blog, maka langkah wajib selanjutnya adalah melakukan submit daftar isi ke Google search console.

4. Silakan submit artikel ke Google (Fetch As Google)
Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan submit artikel yang baru saja Anda terbitkan ke Google. Istilah kerenya adalah Fetch As Google. Laman yang akan Anda tuju juga masih sama dengan cara pertama hingga ke tiga, yakni ke Google search console.

5. Silakan Bangun Backlik yang berkualitas

Sebenarnya cara ini mungkin ada yang tidak sepakat, dan faktanya banyak blogger lain yang mengatakan backlink sudah tidak digunakan lagi dalam crawling sebuah situs. Namun bagi saya, backlink masih menjadi salah satu cara jitu mempercepat terindeksnya artikel Anda; dan secara umum saya katakan backlink akan mempengaruhi kualitas situs Anda.
Namun ingat, hanya backlink yang berkualitas.

Baca juga: 7 Ciri Backlink Berkualitas dan Terbaik untuk SEO Blog

Demikian sekilas informasi mengenai 5 Cara Artikel Cepat Terindeks Google [Rekomendasi]. Semoga bermanfaat, salam blogging.

3 Responses to "5 Cara Artikel Cepat Terindeks Google [Rekomendasi]"

  1. Saya belum mengerti karena saya baru mengenal blogger dan bolg saya baru mohon bantuannya min cara agar blog dapat dikunjungi banyak orang syukur² bisa mendapatkan uang.sekian terimakkasih salam blogger

    ReplyDelete
  2. Seamnagat mas..banyak hal yang bisa Mas dapatkan di blog ini. Tulisan saya berkenaan dengan cara mendapatkan uang dari blog dengan cepat juga sudah saya posting di sini.

    ReplyDelete
  3. min, link yang baik ketika menulis artikel jumlahnya berapa ya? Terimakasih.

    ReplyDelete

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel