Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

32 Poin SEO Terpenting di 2020

32 Poin SEO Terpenting di 2020
32 Poin SEO Terpenting di 2020
Poin SEO Terpenting di 2020 - Sudah sekian lama, saya kurang update informasi berkenaan dengan update algoritma Google SEO di tahun 2020 ini. Bukan karena apa-apa, namun karena memang faktor kesibukan yang membuat saya kurang fokus mengurus blog, dimaklum saja njeh, hehe.

Pada kesempatan kali ini, sebagai awal pembuka pembicaraan saya terkait optimasi SEO terbaru 2020, saya akan coba berikan beberapa daftar tugas kepada rekan-rekan pembaca blog ini. Tugas mas, iya, tugas. Sebuah tugas yang nantinya bisa menjadi bahan acuan Sobat untuk memulai apa saja yang harus dilakukan guna meningkatkan posisi blog/website Anda sekalian di searc engine Google.

Kenapa sedemikian banyak mas tugasnya?

Sebenarnya tidaklah banyak, namun mungkin nanti ada beberapa langkah/tips SEO yang sejatinya sudah dilakukan namun tetap saya masukkan ke dalam point chek list/daftar optimasi SEO nantinya.

Baca juga: Cara Memperbaiki dan Mengatasi Error Breadcrumb Markup di Search Console

32 Poin SEO Terpenting di 2020

Untuk itu kami membuatkan daftar hal-hal yang perlu anda lakukan untuk SEO website anda di tahun 2020. Jadi berikut ini adalah checklist yang bisa anda pergunakan untuk memastikan performa website anda meningkat di hasil pencarian Google…
  1. Pastikan blog anda terindeks Google.
  2. Jadikan pengalaman pembaca nyaman dengan desain blog yang user friendly. Caranya mudah, buat blog Anda mobile friendly dan juga di tampilan dekstop. Selain itu usahakan membuat sistem navigasi di dalam halaman anda cukup sederhana dan tidak memusingkan pengguna
  3. Pastikan semua komponen di blog Anda bisa dirayapi dan dikenali oleh Google.
  4. Bagi Anda yang memulai bisnis melalui blog, tentukan target konsumen lokal terlebih dahulu. Jangan lupa website bisnis harus didaftarkan ke Google My Business
  5. Selalu pantau perkembangan visitor blog melalui (Search Console dan Google Analytics)
  6. Dalam optimasi SEO, jangan lupa menentukan Geotarget atau target lokasi optimasi, kecuali anda memakai nama domain untuk negara tertentu seperti .co.id, web.id, atau .id.
  7. Buat kata kunci ada di bagian awal Judul halaman
  8. Buat kata kunci anda bisa ditemukan di dalam konten utama di dalam halaman yang dioptimasi SEO.
  9. Fahami komposisi keyword density. Buat artikel anda senatural mungkin, tapi usahakan agar kepadatan kata kunci tidak kurang dari 1,5%. Terlebih jika artikel anda tergolong pendek, karena itu akan membuat Google ragu tentang topik utama yang anda bahas di dalam halaman tersebut.
  10. Setting meta deskripsi secara benar, jangan asal lo ya.
  11. Buat konten secara berkualitas. Tingkatkan pola menulis konvensional menjadi lebih terarah dan fokus. Buat tulisan yang terstruktur rapi dengan membaginya menjadi beberapa poin pembahasan. 
  12. Jangan lupa gunakan heading h2 dan h3 untuk judul poin pembahasan artikel Anda.
  13. Usahakan membut website yang satu pokok bahasan, dan usahakan agar kata kunci utama di pokok bahasan tersebut tersebar di semua halaman website anda.
  14. Gunakan juga poin dan penomoran pada catatan daftar, agar lebih nyaman dibaca
  15. Perhatikan user intent atau tujuan pencarian dari pengunjung yang datang ke website anda
  16. Pilih beberapa konten utama di dalam website anda dan cobalah untuk melakukan update setahun sekali (jangan membuat konten baru)
  17. Jika anda membuat website untuk tujuan afiliasi, maka usahakan hanya 10% saja konten afiliasi, sedangkan 90% konten lainnya adalah konten untuk hal-hal yang bersifat informasi umum. Kecuali website anda adalah sebuah toko online.
  18. Tampilkan tanggal modifikasi jika anda melakukan update
  19. Semakin tinggi frekuensi update artikel, semakin bagus pula trust Google untuk blog anda. Walau begitu, jangan asal nulis, jadinya malah banyak nulis namun tak bermutu.
  20. Jangan menurunkan posisi konten utama di dalam halaman untuk menaruh iklan di bagian atas halaman
  21. Sipakan internal link yang relevan, jangan asal membuat internal link pada konten yang tidak relevan pada bahasan sebelumnya. Teks Anchornya juga harus diperhatikan.
  22. Jangan berfikiran blog melulu soal uang. Namun tetap semangat dan tekun (sok menasehati, hehe).
  23. Buat branding sendiri. Artinya, anggap saja Anda adalah seorang yang memang ahli sesuai bidang pembahasan yang Anda tulis/sajikan di blog.
  24. Pasang iklan yang relevan dan tidak mengganggu pembaca. Istilahnya user experience.
  25. Usahakan waktu muat halaman yang baik, karena pagespeed sudah menjadi faktor SEO untuk pencarian mobile di tahun 2018
  26. Perhatikan jumlah link di dalam halaman. Jika anda baru memulai, maka usahakan jumlah link tidak lebih dari 50 di dalam satu halaman. Usahakan jumlah link di menu header tidak lebih dari 10 link.
  27. Jangan gunakan eksternal link kecuali benar-benar relevan dan berkualitas
  28. Sematkan kata kunci di dalam url konten Anda.
  29. Jangan lupa, lakukan riset keyword/riset kata kunci terlebih dahulu sebelum menulis.
  30. Usahakan untuk membangun popularitas website anda di sosial network
  31. Dapatkan backlink yang berkualitas dan aman untuk website anda
  32. Perhatikan masalah keamanan website anda, karena malware atau hack akan bisa merusak hasil optimasi dari website anda dengan begitu cepat.
Demikian sekilas informasi yang perlu anda lakukan pada blog Anda, khsusnya fokus pada pembahasan SEO. Mungkin saja Anda akan membutuhkan waktu 3 bulan sampai 6 bulan untuk memnuai hasil trafik sesuai yang anda harapkan. Semua itu sangat bergantung pada tingkat persaingan dari kata kunci yang anda harapkan. Selain itu, keseriusan Anda mengurus blog secara benar dan tekun.

Kesimpulan

Sejak awal perbaiki niat Anda dalam mengelola blog. Jangan serta merta dengan usaha dalam beberapa bulan namun Anda mengharapkan trafik yang begitu tinggi. Terapkan SEO, tidak usah aneh-aneh, lakukan selama konsisten dalam beberapa bulan ini. Walau tidak serta merta bisa langsung Anda rasakan trafik tinggi, namun jika itu semua sudah dilakukan yakinlah akan panen setelahnya.
Kabar buruknya adalah, semua pemilik blog besar hari ini memulai dengan cara yang sulit sekitar 4-6 tahun yang lalu; bahkan banyak yang rela menghabiskan biaya besar untuk menyewa penulis, layanan backlink, atau beriklan di sosial media dan adwords untuk memasarkan kontennya. Selama itu bisa Anda lakukan, lakukan saja. Jika tidak, percaya pada capabilitas diri Anda.
Semoag di tahun 2020 ini menjadi awalan yang yang bagus bagi Anda memperoleh hasil trafik tinggi blog Anda, dan tentunya akan berimbas profit dalam beberapa persepektif secara konsisten, aamiin.
Sahilluqman
Sahilluqman Hanyalah seorang blogger yang ingin bermanfaat untuk sesama

Posting Komentar untuk "32 Poin SEO Terpenting di 2020"

Berlangganan via Email