Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Token Listrik Gratis 450 VA dan Diskon 50% 900 VA. Ini Cara Mendapatkannya!

Cara Dapatkan Claim Token Listrik Gratis 450 VA dan Diskon 50% 900 VA - Berkenaan dengan keputusan Presiden Jokowi terhadap dampak keberadaan kasus pandemi Virus Corona (covid-19) bagi warga masyarakat kalangan bawah, saat ini mulai santer diberitakan di berbagai media baik cetak maupun elektronik. Kebijakan yang saya maksud di sini adalah token listrik gratis 450 VA dan diskon 50% bagi yang listrik di rumahnya 90 VA.
Token Listrik Gratis 450 VA dan Diskon 50% 900 VA. Ini Cara Mendapatkannya!
Token Listrik Gratis 450 VA dan Diskon 50% 900 VA. Ini Cara Mendapatkannya!
Dengan keputusan Presiden Jokowi tersebut, pihak PLN sendiri sudah membuat skenario langkah-langkah prosedur yang akan digunakan sebagai SOP bagi masyarakat guna memperoleh program kebijakan listrik gratis tersebut. Tujuan pemberina listrik gratis alias free ini adalah sebagai bentuk tanggungjawab negara dalam meringankan moda perekonomian masyarakat miskin dan tidak mampu.
Secara terpernci, adapun kebijakan tersebut yakni pembebasan biaya tarif listrik bagi konsumen rumah tangga 450 volt ampere (VA) dan pemberian keringanan tagihan 50 persen kepada konsumen rumah tangga bersubsidi 900 VA. 
Berdasarkan penuturan dari I Made Suprateka selaku Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, bahwa proses pemberian Token Listrik Bebas Tagihan dan Diskon Tarif Listrik tersebut akan diberlakukan secara beberapa tahapan. Artinya, program listrik gratis ini akan dimulai pada tanggal 1 April, maksimum prosesnya pada tanggal 11 April. Bagi seluruh pelanggan yang merasa masuk dalam kriteria di atas (mempunyai hak mendaptkan listrik token tanpa bayar) sudah bisa menikmati program tersebut.

Berikut ini adalah cuplikan atas Tweet beliau:

Token Listrik Gratis 450 VA dan Diskon 50% 900 VA. Ini Cara Mendapatkannya!
Informasi Mengenai Token Listrik Gratis 450 VA dan Diskon 50% 900 VA

Baca juga: Kebijakan Presiden Jokowi Terkait Covid-19 di Indonesia

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis 450 VA dan Diskon 50% 900 VA

Sesuai dengan apa yang telah disampaikan Presiden Jokowi tentang kebijakan listrik gratis sesuai dengan lansiran website resmi esdm.go.id, tujuan program ini adalah untuk mendukung Kebijakan Presiden Joko Widodo terkait tarif listrik.

Perusahaan Listrik Negara (PLN) menggratiskan tarif listrik untuk rumah tangga dengan 450 VA. Selain itu, untuk rumah tangga dengan 900 VA akan mendapatkan keringanan, yaitu dengan membayar 50% dari tarif yang sebenarnya.

Lalu bagaimana dengan mereka yang menggunakan listrik pascabayar?
Untuk pelanggan rumah tangga 450 VA pascabayar akan langsung dibebaskan dari tagihan pada bulan April, Mei, dan Juni. Jadi Anda sekalian tidak perlu ribet mencari token ya..
Nah, dari semua rangkaian tersebut, tentu saja ada mekanisme atau prosedur cara mendapatkan listrik gratis. Tidak serta merta bisa diperoleh tanpa sesuai dengan SOP yang telah dibuat oleh pemerintah dalam hal ini PLN.

Berikut ini adalah mekanisme/prosedur/cara mendapatkan listrik gratis 450 VA reguler dan token

450 VA reguler dan token 

Untuk pelanggan rumah tangga 450 VA pascabayar (reguler) akan langsung dibebaskan tagihannya pada April, Mei, dan Juni.

Sementara pelanggan golongan 450 VA prabayar (token) dapat memperolehnya dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke WhatsApp dengan nomor 08122-123-123 atau melalui situs web PLN www. pln.co.id. Dengan ID tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Secara bertahap agar mudah difahami, berikut saya tuliskan langkah-demi langkah cara claim listrik gratis 450 reguler dan tokennya:
  1. Kirim nomor ID pelanggan melalui pesan WA atau melalui pesan singkat melalui nomor 08122-123-123.
  2. Anda juga bisa melewati tahapan pertama melalui mengunjungi website resmi www.pln.co.id
  3. Ketika sudah mengirimkan ID pelanggan Anda melalui salah satu tahapan di atas, Anda akan memperoleh nomor TOKEN LISTRIK GRATIS. Dengan ID Pelanggan tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.
  4. Silakan masukkan nomor token listrik free tersebut.
  5. Selesai.
900 VA reguler dan token Pasca Bayar

Adapaun untuk mendapatkan diskon tarif listrik pelanggan subsidi 900 VA bagi pelanggan pascabayar, rekening yang harus dibayarkan pada tiap bulannya akan dikurangi 50 persen. Sementara bagi pelanggan prabayar (token), token listrik gratis sebesar 50 persen akan diberikan kepada pelanggan, dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Mendapatkan Listrik Gratis dan Diskon 3 Bulan

Yang dapat Gratis & Diskon :
1. R1/450 VA (gratis)
2. R1T/450 VA (gratis)
3. R1/900 VA (diskon)
4. R1T/900 VA (diskon)

Yang tidak dapat Diskon :
1. R1M/900 VA
2. R1MT/900 VA

Jd kalo ada pertanyaan “Saya dapat diskon gak?”
Jawabannya adalah “Silahkan dicek pd struk pembayaran rekening terakhir atau pembelian pulsa terakhir”. 


Kalo masuk 2 tarif diatas berarti gak dapat diskon.

R1 M = Mampu
R1 = itu buat yg pasca bayar
R1T= itu untuk Token

Keterangan:

Kode R: adalah Rumah tangga
Kode M: berarti yg Mampu/tidak bersubsidi.


Dari mana kita tahu ada kode di atas?


Silakan cek saja pada spidometer Anda masing-masing. Di sana akan terteran kode ID pelanggan dan kode lainnya.

Informasi Tambahan

Sesuai dengan apa yang sampaikan di atas, saat ini pemerintah pusat sudah menganggarkan dana kurang lebih Rp3,5 triliun untuk membantu meringankan beban pembayaran listrik bagi masyarakat kalangan bawah (kurang mampu atau miskin).
Berdasarkan informasi dari Rida Mulyana selaku Direktur Jenderal Ketenagalistrikan, bahwa pemberian keringan tarif listrik diberikan kepada sekitar 24 juta pelanggan golongan 400 Volt Ampere (VA). Rerata jumlah pelanggan ini memakai listrik sekitar Rp36 ribu per bulan atau beban saya sebesar 85,25 kWh per bulan.
Apapun itu, semuanya bertujuan untuk memberikan keringanan kepada masyarakat miskin atas pandemi virus Corona (Covid-19) yang melanda di Indonesia saat ini. Semoga bisa memberikan kemanfaatan kepada yang berhak. dan tentu saja harapan kita bersama pandemi Virus Corona (Covid-19) di Indonesia maupun seluruh dunia bisa segera berakhir. Aamiin.

Demikian sekilas informasi mengenai Token Listrik Gratis 450 VA dan Diskon 50% 900 VA. Ini Cara Mendapatkannya! Semoga bermanfaat, aamiin.
Sahilluqman
Sahilluqman Hanyalah seorang blogger yang ingin bermanfaat untuk sesama

Posting Komentar untuk "Token Listrik Gratis 450 VA dan Diskon 50% 900 VA. Ini Cara Mendapatkannya!"

Berlangganan via Email