Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Meningkatkan Employee Engagement?

Bagaimana Cara Meningkatkan Employee Engagement?
Bagaimana Cara Meningkatkan Employee Engagement? (Source image:researchforecast.com)

Bagaimana Cara Meningkatkan Employee Engagement? - Employee engagement
atau keterikatan karyawan dengan perusahaan menjadi hal penting dalam pengelolaan SDM di sebuah perusahaan. Sebab kualitas kinerja karyawan dipengaruhi oleh employee engagement. Semakin baik engagement dari karyawan kepada perusahaan, maka semakin bagus kualitas kinerja karyawan.

Untuk itulah setiap perusahaan selalu mengupayakan berbagai cara untuk meningkatkan employee engagement. Lalu, bagaimana cara meningkatkan employee engagement dalam perusahaan? Simak ulasan singkat di bawah ini!

Tawarkan Kompensasi yang Sesuai

Kompensasi berupa gaji, bonus, dan insentif merupakan hal yang paling memotivasi karyawan. Dalam memberikan kompensasi, perusahaan harus benar-benar selektif dan teliti, jangan sampai perusahaan memberikan gaji terlalu besar atau terlalu kecil kepada karyawan. Perusahaan harus mempertimbangkan beban kerja, jabatan, dan regulasi yang berlaku.

Mengelola penggajian untuk seluruh karyawan bukanlah hal yang mudah. HRD harus menghitung gaji karyawan dalam waktu yang bersamaan dengan akurat dan cepat. Untuk mempermudahnya, HRD dapat memanfaatkan system payroll. Contohnya adalah system payroll dari LinovHR yang telah dipercaya banyak perusahaan.

Berikan Pelatihan Bagi Karyawan

Kemampuan karyawan akan berpengaruh besar kepada kinerja sehari-hari. Sayangnya, tidak selalu semua karyawan memiliki kemampuan dan keterampilan yang dibutuhkan perusahaan. Daripada merekrut karyawan baru yang belum tentu cocok dan sesuai dengan budaya perusahaan, ada baiknya perusahaan memberikan pelatihan kepada karyawan.

Program pelatihan akan membantu karyawan untuk memahami secara mendalam segala tugas dan keterampilan terkait pekerjaan. Tidak hanya itu, karyawan akan merasa bahwa perusahaan cukup menghargai dan mengapresiasi keberadaan mereka. Sehingga karyawan merasa terikat dan nyaman di perusahaan.

Bentuk Jenjang Karir

Banyak karyawan dengan kinerja yang unggul merasa kecewa karena perusahaan tidak memberikan jenjang karir yang jelas. Akibatnya, karyawan bisa beralih kepada perusahaan lain yang lebih menjanjikan.

Maka dari itu, selain pelatihan, hal lain yang membuat karyawan lebih engage di perusahaan adalah jenjang karir yang jelas. Jenjang karir dalam perusahaan juga dapat membuat karyawan lebih termotivasi dan loyal untuk berkontribusi.

Jangan Abaikan Pendapat Karyawan

Pendapat apapun dari karyawan dapat membantu perusahaan untuk mengembangkan usaha. Karena, karyawanlah yang secara aktif dan langsung turun tangan di setiap pekerjaan sesuai divisi masing-masing. Mendengarkan segala pendapat karyawan dengan aktif pun akan merangsang inovasi dalam perusahaan.

Ciptakan Lingkungan Positif

Cara terakhir yang dapat perusahaan lakukan untuk meningkatkan employee engagement adalah dengan menciptakan lingkungan positif, sebesar apapun gaji dan tinggi jabatan karyawan, percuma saja jika lingkungan kerja di sekitar sangat negatif dan toxic. HRD memainkan peranan besar dalam menciptakan lingkungan kerja yang positif agar karyawan betah untuk bekerja.

Itulah beberapa cara untuk meningkatkan employee engagement dalam perusahaan. Jika perusahaan dapat meningkatkan engagement dari karyawan, maka bukan tidak mungkin perusahaan dapat mengembangkan usahanya menjadi lebih besar. Karena dari employee engagement, kinerja karyawan yang unggul bisa tercipta.
Sahilluqman
Sahilluqman Hanyalah seorang blogger yang ingin bermanfaat untuk sesama

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Meningkatkan Employee Engagement?"

Berlangganan via Email