Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan iOs dibandingkan Android

Kelebihan iOs dibandingkan Android

Kelebihan iOs dibandingkan Android
- Sudah memakai iPhone sejak tahun 2014 (iPhone 4s, dengan sistem operasi iOS versi 7 pada saat itu) kemudian sempat berganti ke Android beberapa saat dan kembali lagi memakai iOS pada tahun 2017 awal hingga sekarang (April 2021), jadi bisa dibilang saya cukup lama menggunakan iOS sehingga tahu plus minusnya OS ini dibanding yang lain.

Kelebihan iOs dibandingkan Android

Kelebihan iOs

Eksklusif

Operating system ini hanya bisa digunakan pada perangkat Apple saja (iPhone, iPad dan iPod), berbeda dengan OS Android yang bisa diinstall pada berbagai merk ponsel, meski dengan sedikit custom dari berbagai brand yang mengeluarkan smartphone tersebut

Stabil

Alasan kenapa iOs sangat stabil karena hardware dan softwarenya dirancang dan dibuat sendiri oleh pihak Apple. Jadi kita akan jarang sekali menemukan bug yang sampai menggangu kenyamanan kita dalam mamakai perangkat tersebut. 

Update rutin

Setiap setahun sekali iOS mendapatkan update mayor, dan ini tidak berlaku pada ponsel terbaru mereka saja, ambil contoh iPhone 6s yang keluar pada September 2015, keluar dengan iOS versi 9, hingga tahun 2020 kemarin bisa mendapatkan update iOS hingga versi 14 (hingga 5 tahun, ponsel Android mana yang bisa?)

Aman

Hal ini merupakan hal yang paling dibanggakan oleh pihak Apple, keamanan mereka sangat sulit untuk ditembus, misal kita kehilangan perangkat kita, kemudian kita bisa melakukan lock perangkat dari jarak jauh, sehingga data kita tidak akan bisa dilihat oleh pihak lain tanpa seizin dari kita. 

Ekosistem Apple

Hal ini berlaku bila kalian sudah memiliki iPhone dan perangkat Apple lainnya, misalnya MacBook. Untuk sharing data tidak perlu mencolokkan USB, tinggal menggunakan fitur AirDrop, misalkan lagi kalian mempunyai AirPods. Untuk pairing cukup buka penutup AirPods dan otomatis pada layar iPhone muncul peringatan mengenai AirPods tersebut dan tinggal klik connect untuk mulai menggunakannya.. tidak perlu pergi ke pengaturan dan mencari perangkat bluetooth.

Kekurangan iOs

Tampilan yang monoton

Hal ini berlaku ke semua versi iOS.. kalian tidak akan bjsa mengubah tampilan pada iOS, meskipun hanya icon.. (sebenarnya bisa menggunakan aplikasi Shortcut / Pintasan, tetapi sangat ribet dan harus satu persatu) peletakan icon pun tidak bisa seenak kita, bagian atas tidak boleh kosong seperti pada Android yang bisa di sembarang tempat. 

Ribet

Untuk mengirim data via WhatsApp seperti foto dengan ukuran asli, jauh lebih ribet daripada memakai Android, belum lagi dokumen seperti doc/xls/pdf.

Transfer data Ribet

Transfer data Ribet di iOs harus melalui aplikasi iTunes. Jadi pastikan jika kita ingin memindahkan data ke iPhone, apapun data itu, harus melalui iTunes. Beda cerita kalo kita hanya ingin mentransfer foto/video saja dari iPhone, bisa tanpa iTunes. 

Kesimpulan

Nah itu lah plus minusnya iOS. Bisa dikatakan saya cukup puas memakai iOS mengingat saya cukup lama memakainya. 

Ya sekitar 80% puas lah..

Tapi untuk saat ini, saya memakai iOS dengan kondisi terjailbreak. Buat yg belum tau apa itu jailbreak.. akan saya berikan sedikit gambarannya.. 

Jailbreak merupakan sebuah cara untuk mendapatkan hak akses penuh pada sebuah perangkat iOS yang kita miliki. Untuk lebih jelasnya kalian bisa melakukan googling sendiri.

Kenapa saya melakukan jailbreaking?

Seperti penjelasan saya tadi, yakni untuk mendapatkan hak akses penuh pada perangkat iOS dan menutupi kekurangan yang sudah saya sebutkan di atas, salah satunya adalah mengganti icon, menginstal beberapa tweak tambahan dan lain sebagainya sehingga bis meningkatkan pengalaman pengguna yang awalnya dari 80% menjadi 90–95%.

Sahilluqman
Sahilluqman Hanyalah seorang blogger yang ingin bermanfaat untuk sesama

2 komentar untuk "Kelebihan iOs dibandingkan Android"

  1. Saya kurang suka iPhone karena sedikit memaksa konsumen memilih 32Gb atau 64Gb (tidak bisa tambah MicroSD). Akhirnya saya jadi Android tulen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi anehnya, rekan-rekan kerja saya malah mulai beralih menggunakan iPhone mas, hehe

      Hapus

Berlangganan via Email