Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Tembus Tidaknya Prakerja Gelombang 21

Cara Mengetahui Diterima Tidaknya Prakerja Gelombang 21

Pendaftaran peserta untuk Kartu Prakerja gelombang 21 sudah ditutup pada Minggu (19/8/2021) pukul 23.59 WIB. Head of Communications Manajemen Pelaksana Prakerja Louisa Tuhatu menuturkan, pemberitahuan akan dilakukan begitu proses verifikasi, salah satunya mengenai Nomor Induk Kependudukan (NIK) selesai dilakukan. "Kami masih dalam proses verifikasi NIK dan lain-lain. Nanti saya jadwal pemaparan selanjutnya. Walau belum diketahui kapan Kartu Prakerja gelombang 21 akan diumumkan, lebihalangkah} baiknya terlebih dahulu mengetahui cara tahu kelolosannya.

Cara faham lolos tidaknya Prakerja terdapat dua cara mengecek kelolosan Prakerja, yakni melalui SMS atau memantau lewat dashboard.
Apa saja?

Cara Mengetahui Tembus Tidaknya Prakerja Gelombang 21

Cara Cek Lolos Tidaknya Prakerja Gelombang 21

1. Dashboard Prakerja

Cara pertama untuk mengecek lolos atau tidaknya menjadi peserta Prakerja gelombang 21, dapat secara berkala membuka dashboard pada laman Prakerja dengan login menggunakan akun masing-masing. Apabila dinyatakan lolos, nomor Kartu Prakerja akan tertera dan terdapat status saldo pada dashboard akun. Apabila tidak lolos, akan memperoleh pesan pada dashboard dengan keterangan "Kamu Belum Berhasil".

Baca juga: Tutorial Beli Pelatihan Prakerja 2021 di 7 Platform Digital

Adapun untuk dapat melihat nomor Kartu Prakerja, kamu perlu menonton 3 video yang telah disiapkan. Sejatinya, video tersebut berisi berita dasar mengenai} Kartu Prakerja, mulai dari mengenali tantangan di dunia kerja sampai penjelasan manfaat Kartu Prakerja. "Kamu juga tidak dapat menutup video jika belum selesai menonton atau mempercepat laju video. Apabila kamu mengalami kendala saat menonton video, kamu dapat menghubungi kami di Formulir Pengaduan," tulis laman Prakerja. Baca juga: Prakerja Gelombang 21 Sudah Ditutup, Adakah Gelombang Berikutnya?

2. SMS

Selain melalui dashboard, kamu bisa mengecek melalui SMS. Biasanya, pelaksana Prakerja akan mengirimkan notifikasi melalui SMS kepada peserta yang dinyatakan lolos. Pemberitahuan SMS ini dikirimkan ke nomor telepon yang didaftarkan saat membuat akun. Jadi, pastikan nomor yang kamu masukkan ketika mendaftar telah benar dan masih aktif. Baca juga: Bisakah Istri PNS, TNI/Polri Daftar BLT UMKM? Ini Penjelasan Kemenkop UKM SMS diberikan saat tanggal pemberitahuan seleksi masing-masing gelombang. Jika pendaftar mendapatkan pemberitahuan lolos, maka dapat mengikuti langkah selanjutnya sesuai petunjuk yang ada. Namun jika tidak lolos, jangan berkecil hati. Kamu bisa mengikuti pendaftaran gelombang selanjutnya.

"Kamu tidak perlu memasukkan semua data lagi untuk pendaftaran ulang. Jangan berkecil hati, kamu masih bisa memilih Gelombang berikutnya," tulis Prakerja.

Golongan yang tidak akan lolos Prakerja Pendaftar sudah pernah lolos di gelombang sebelumnya Pendaftar masih aktif sekolah atau kuliah Pendaftar sudah pernah menerima bantuan sosial (bansos) lainnya dari kementerian/lembaga terkait Terdaftar sebagai anggota TNI/Polri, anggota DPR/DPRD, direksi/komisaris, dewan pengawas BUMN/BUMD, PNS, serta perangkat desa. Saat dikonfirmasi secara terpisah, Louisa juga membenarkan adanya golongan yang tidak akan lolos saat mendaftar Prakerja tersebut. "Betul sekali," ujar Louisa saat dihubungi Kompas.com, 4 Agustus 2021.

Dijelaskan dalam menu "Tanya Jawab: Siapa saja sih yang bisa dapat manfaat Kartu Prakerja?" pada laman prakerja.go.id, satu KK hanya diperbolehkan maksimal dua NIK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja. Sehingga, pastikan lagi kalau hanya ada maksimal 2 anggota keluarga yang menjadi penerima Kartu Prakerja.

Apakah harus menganggur? Jawabannya tidak. Orang yang sudah bekerja, karyawan, korban PHK dan pelaku usaha mikro dan kecil juga boleh mendaftar asal memenuhi persyaratan Program Kartu Prakerja dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi.

Kamu bisa mendaftar Kartu Prakerja jika kamu adalah: Pencari kerja Pekerja/buruh yang terkena PHK Pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan Pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil Kartu Prakerja juga terbuka bagi lulusan mana pun, baik kampus unggulan maupun tidak. Sebab, hal yang menjadi patokan adalah peningkatan kompetensi kerja dan keahlian Difabel juga dianjurkan untuk mendaftar dan mengikuti program Kartu Prakerja Namun, prioritas tetap diberikan pada pencari kerja usia muda dan pekerja maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak Covid-19. Baca juga: 5 Penyebab Tak Lolos Program Kartu Prakerja Untuk itu, kamu harus memenuhi persyaratan sebagai: Warga Negara Indonesia (WNI) Berusia paling rendah 18 tahun Tidak sedang mengikuti pendidikan formal. Untuk merespons dampak dari pandemi Covid-19, program Kartu Prakerja untuk sementara waktu akan diprioritaskan bagi pekerja/buruh yang dirumahkan maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak penghidupannya.

Demikian sekilas informasi mengenai Cara Mengetahui Diterima Tidaknya Prakerja Gelombang 21. Semoga bermanfaat, salam.

Sahilluqman
Sahilluqman Hanyalah seorang blogger yang ingin bermanfaat untuk sesama

1 komentar untuk "Cara Cek Tembus Tidaknya Prakerja Gelombang 21"